ANALISIS KESIAPAN PENERAPAN PROGRAM SEKOLAH MODEL (Sekolah Mandiri Berstandar Nasional) DI SMP NEGERI 1 KOTA MOJOKERTO

LIANA WAHYU CHORIAH

Abstract


ANALISIS KESIAPAN PENERAPAN PROGRAM SEKOLAH MODEL (Sekolah Mandiri Berstandar Nasional) DI SMP NEGERI 1 KOTA MOJOKERTO


Liana Wahyu Chori’ah


S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya


Email: lianawahyuchoriah@gmail.com


Fitrotun Niswah, S.AP., M.AP.


S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memperoleh gambaran nyata tentang Kesiapan SMP Negeri 1 Mojokerto Dalam Rangka Menerapkan Program Sekolah Model (Sekolah Mandiri Berstandar Nasional) yang akan dilihat dari pemenuhan 8 standar nasional pendidikan yang meliputi: 1) standar isi, 2) standar proses, 3) standar kompetensi lulusan,4) standar pendidik dan tenaga kependidikan, 5) standar sarana dan prasarana, 6) standar pengelolaan, 7) standar pembiayaan, 8) standar penilaian pendidikan.


Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Mojokerto tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan karyawan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kota Mojokerto. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teori Miles and Huberman dengan aktivitas teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Program Sekolah Model (Sekolah Mandiri Berstandar Nasional) di SMP Negeri 1 Mojokerto termasuk dalam kategori siap. Hal ini dapat dilihat dari tingkat pemenuhan 8 standar nasional pendidikan oleh sekolah. Dimana dari kedelapan standar nasional tersebut yang telah terpenuhi yakni: 1. Standar Isi, 2. Standar Proses, 3. Standar Kompetensi Lulusan, 4. Standar Pengelolaan, 5. Standar Pembiayaan, 6. Standar Penilaian Pendidikan, dan untuk dua standar lainnya yang belum terpenuhi secara maksimal yakni Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang kurang hanya pada kualifikasi tenaga administrasi, serta Standar Sarana dan Prasarana yang kurang pada rasio luas tanah dan bangunan dengan rasio peserta didik di SMP Negeri 1 Mojokerto.


Kata kunci: Analisis Kesiapan, Program Sekolah Model, Standar Nasional Pendidikan


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.