INOVASI LAYANAN SAMSAT HIBURAN OBYEK WISATA (S.H.O.W) DI KANTORBERSAMA SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP SURABAYA UTARA

CANDRA DWI SUSILOWATI

Abstract


INOVASI LAYANAN SAMSAT HIBURAN OBYEK WISATA (S.H.O.W) DI KANTOR
BERSAMA SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP SURABAYA UTARA
Candra Dwi Susilowati
S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Email: candra.dwisusilowati@gmail.com
Dra. Meirinawati, M. AP.
S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Abstrak
Pelayanan samsat selama ini identik dengan persepsi pelayanan yang buruk, dimana persepsi masyarakat yang
menyatakan bahwa masih banyak calo dan pungutan liar. Oleh karenanya persepsi tersebut ingin diubah oleh Kantor
Bersama Samsat Surabaya Utara melalui inovasi layanan Samsat Hiburan Obyek Wisata (S.H.O.W) bahwa sebenarnya
Samsat juga responsive terhadap keinginan masyarakat dimana dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor
tahunan dengan mudah. Inovasi ini hadir diberbagai lokasi wisata untuk memfasilitsai masyarakat yang berwisata saat
akan membayar pajak. Selanjutnya untuk mengetahui terkait inovasi ini, dilakukan penelitian yang akan
mendiskripsikan terkait inovasi layanan Samsat Hiburan Obyek Wisata (S.H.O.W)
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus
penelitian ini didasarkan pada PERMENPANRB No. 15 berdasarkan Kategori Perbaikan Pemberian Pelayanan kepada
masyarakat dengan lima Kriteria meliputi : Memperkenalkan pendekatan baru, Meningkatkan efisiensi, Meminta
umpan balik dari masyarakat, Keadilan dan kemudahan akses pelayanan bagi kelompok rentan , dan Membangun
kemitraan. Informasi terkait data diperoleh dari wawancara narasumber yang berkompeten dan terkait langsung dengan
layanan SHOW selain itu juga ada dokumen-dokumen resmi, dll. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan..
Hasil penelitian menunjukkan inovasi layanan Samsat Hiburan Obyek Wisata yang dilakukan oleh Kantor
Bersama Samsat Surabaya Utara sudah berjalan dengan baik dan mampu menjawab permasalahan wajib pajak dimana
dalam kriteria meningkatkan efisiensi dinilai sudah memenuhi syarat efisiensi dan responsif dengan persyaratan yang
mudah, proses yang cepat, lokasi dan waktu pelayanan yang menarik dimana ada di lokasi obyek wisata dan waktu
pelayanan saat weekend. Inovasi layanan ini juga tidak sempurna dan tetaplah memiliki berbagai kekurangan, mulai
dari sosialisasi yang kurang optimal sehingga tidak banyak masyarakat yang mengetahui adanya layanan ini, kurang
konsistensi jadwal pelayanan dimana sering mangkir dari jadwal yang sudah ditetapkan, dan sering terjadi error
jaringan saat pelayanan sehingga mengakibatkan tidak bisa melakukan transaksi pembayaran pajak.
Kata Kunci: Inovasi pelayanan, SAMSAT, Layanan SHOW


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.