PELAYANAN PRIMA DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN MELALUI “PROGRAM SALAM 30 MENIT” (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo)

VEBRIN PRASETYAN RAMADHAN, PRASETYO ISBANDONO

Abstract


Abstrak

Pemerintah telah berupaya memberikan pelayanan publik yang terbaik untuk memudahkan dan memberi kenyamanan kepada masyarakat, khususnya dalam layanan umum agar menerima pelayanan prima, salah satu contoh pelayanan pada sektor pembuatan akta kelahiran seperti yang terjadi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. Persoalan yang terjadi adalah pelayan yang diberikan kepada masyarakat dengan durasi 14 hari kerja, namum dapat dipersingkat melalui “Program salam 30 menit” dengan durasi 1 hari kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Pelayanan Prima Dalam Pembuatan Akta Kelahiran Melalui “Program Salam 30 Menit” Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo.

Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan kualitatif. Sedangkan fokus penelitiannya mengunakan teori dari Sinambela(2014:6) yang meliputi Tranparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak, Keseimbangan Hak dan Kewajiban, teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, telaah dokuman, dan dokumentasi. Anaslisis data dilakukan dengan pengumpalan data, pengelolaan data, penyajian data, dan penariak kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan pelayanan prima yang diberikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo dilakukan dengan 6 indikator diantaranya, pertama Transparansi dimana pelayanan yang diberikan terbuka untuk umum dan dimengerti oleh semua pihak. Kedua Akuntabilitas dimana pelayanana yang diberikan dapat dipertangungjawabakan sesuai regulasi yang tetapakan. Ketiga Kondisional pelayanan yang diberikan telah memenuhi kebutuhan masyarakat, keempat Partisipatif mengikutsertakan peran masyarakat dalam pelayanan salam 30 menit. Kelima Kesamaan Hak pelayanan tidak melakukan diskriminasi atau perbedaan pelayanan kepada semua pemohon. Keenam Keseimbangan Hak dan Kewajiban petugas memberikan pelayanan prima apabila pemohon mematuhi aturan yang diberikan.

Kata Kunci: Pelayanan. Akta. Kelahiran






Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.