INOVASI LAYANAN MATOH KARIR DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN TENAGA KERJA KABUPATEN BOJONEGORO

BAGAS FERRY HARDIANTO, EVA HANY FANIDA

Abstract


Abstrak

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bojonegoro menciptakan sebuah inovasi pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, inovasi tersebut adalah layanan Matoh Karir. Inovasi ini dilatarbelakangi meningkatnya jumlah angka pengangguran yang ada di Kabupaten Bojonegoro dan perusahaan milik pemerintah maupun swasta sekarang juga mulai mengandalkan internet dalam melakukan perekrutan tenaga kerjanya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Inovasi Layanan Matoh Karir di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bojonegoro.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Fokus yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Cook, Mathew, dan Erwin dalam Fadilla (2016) yaitu Leadership (kepemimpinan), Management/ Organizations (Manajemen/Organisasi), Risk Management (Manajemen Resiko), Human Capital (Kemampuan Sumber Daya Manusia), Technology (Teknologi).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan publik di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja melalui layanan Matoh Karir sudah cukup berhasil dan diterima oleh masyarakat, hal tersebut dapat dilihat dari faktor keberhasilan inovasi yaitu faktor Kepemimpinan yang menunjukkan adanya peran dan tanggung jawab seorang pemimpin. Faktor Managemen/Organisasi menunjukkan adanya strategi dalam mengembangkan layanan Matoh Karir dengan mensosialisasikan layanan Matoh Karir ke masyarakat. Faktor Managemen Resiko menunjukkan sebagian perusahaan dan masyarakat masih belum paham dalam mengoperasikan layanan Matoh Karir. Faktor Sumber Daya Manusia menunjukkan adanya pelatihan khusus staf layanan Matoh Karir untuk mengoperasikan layanan Matoh Karir. Faktor Teknologi menunjukkan adanya aplikasi yang berbasis website sebagai alat pendukung layanan Matoh Karir.

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Inovasi Layanan, Matoh Karir.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.