ANALISIS PELAYANAN KESEHATAN PADA POS PELAYANAN TERPADU (POSYANDU) LANJUT USIA DI RW VI KELURAHAN KLAMPIS NGASEM KECAMATAN SUKOLILO KOTA SURABAYA

VIVI ROSALINA OCTAVIANI

Abstract


Kota Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki jumlah lansia cukup banyak. Kecenderungan peningkatan populasi lansia tersebut perlu mendapatkan perhatian khusus agar para lansia dapat terjaga kesehatannya. Sebagai wujud pelayanan kesehatan dari pemerintah kepada kelompok lansia yaitu melalui Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lansia. Posyandu Lansia merupakan suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan dasar terhadap lansia di tingkat desa dalam masing-masing wilayah kerja Puskesmas. Tujuan dari Posyandu Lansia adalah meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia. Salah satu Posyandu Lansia di Surabaya yang masih aktif hingga saat ini adalah Posyandu Lansia yang berada di RW VI Kelurahan Klampis Ngasem Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya.


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelayanan kesehatan pada Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) lanjut usia di RW VI Kelurahan Klampis Ngasem Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari petugas kesehatan puskesmas, para kader posyandu lansia, dan lansia selaku  pengguna layanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 


Hasil penelitian ini mendeskripsikan pelayanan kesehatan posyandu lansia dapat dilihat dari indikator tangibles (penampakan fisik) menunjukkan bahwa sudah mampu menciptakan kenyamanan bagi para lansia, reliability (kemampuan) yang dimiliki penyedia layanan juga menunjukkan sudah cukup bagus, selanjutnya responsiveness (daya tanggap) yang ditunjukkan penyedia layanan juga cukup baik, assurance (kesopanan atau keramahan) sudah sangat baik, dan yang terakhir empathy (perhatian) dimana kepedulian yang sangat besar telah diberikan kepada lansia. Jadi dapat disimpulkan bahwa posyandu lansia telah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada lansia. Namun masih perlu adanya penambahan tenaga medis dari puskesmas, peningkatan intensitas dalam pemberian penyuluhan kepada para lansia, menerapkan pengisian Kartu Menuju Sehat (KMS), dan meningkatkan sosialisasi.


 


 


Kata Kunci: Posyandu Lansia, Pelayanan Kesehatan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.