ANALISIS PELAYANAN PUBLIK DI KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) JAWA TIMUR SEBAGAI LEMBAGA KONTROL INFOTAINMENT

ROBY ARIF HIDAYAT

Abstract


Pelayanan publik (public sevice) merupakan suatu sistem yang memberikan pelayanan dengan cepat, murah, mudah, berkeadilan, berkepastian hukum, terbuka, dan dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan perkembangan dinamikan masyarakat. Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur adalah salah satu lembaga independen yang berwenang melayani masyarakat dalam bidang penyiaran publik. Bidang layanan publik KPID Jawa Timur berhubungan dengan permohonan perizinan penyiaran publik dan pengaduan pelanggaran isi siaran baik radio (audio) maupun televisi (audio-visual). Setiap informasi dan hiburan yang disajikan oleh lembaga penyiaran publik memiliki tujuan dan dampak. Bagaimana menciptakan iklim siaran publik yang sehat, bermutu dan mendidik di Jawa Timur menjadi alasan yang menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk menganalisis pelayanan publik di Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur sebagai lembaga kontrol infotainment.


Jenis penelitian ini yaitu penelitian diskriptif kualitatif, fokus penelitian berdasarkan teori pelayanan publik oleh Parasuraman, meliputi reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), empaty (empati), dan tangibless (produk-produk fisik). Data yang digunakan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif  dengan pendekatan kulitatif. Hasil wawancara yang diperoleh akan dianalisis dengan data pendukung yang ada. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa pelayanan publik yang ada di KPID Jawa Timur, mudah diakses dan terbuka bagi semua masyarakat. Hal ini mendukung fungsi utama lembaga dalam menjalankan kontrol infotainment di seluruh Jawa Timur.


Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada pelayanan publik yang ada di KPID Jawa Timur dari penilaian reliability, responsiveness, assurance, empaty dan tangibless, pelayanan yang ada tergolong bagus dan profesional.


 


Kata kunci: Pelayanan publik, kontrol infotainment, KPID


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.