PENERAPAN REKAYASA NILAI PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN JALUR LINTAS SELATAN PANGGUL – MUNJUNGAN, KAB. TRENGGALEK JAWA TIMUR

YESTI KUMALADEWI

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses rekayasa nilai dan juga untuk mengetahui penghematan biaya hasil rekayasa nilai pada proyek jalan Jalur Lintas Selatan Panggul – Munjungan, Kab. Trenggalek Jawa Timur.


Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan analisa terhadap biaya dengan cara studi rekayasa nilai pada proyek pembangunan jalan Jalur Lintas Selatan Panggul – Munjungan, Kab. Trenggalek Jawa Timur. Langkah awal yang dilakukan adalah mengumpulkan data dari instansi terkait, setelah memperoleh data RAB dan gambar perencanaan, melakukan Pareto Analysis pada RAB, mengklasifikasikan  fungsi pada item pekerjaan yang akan dilakukan rekayasa nilai, melakukan brainstorming, membuat tabel analisa kelebihan dan kekurangan pada setiap alternative, menghitung Life Cycle Cost dan menentukan Value Matrics dan terakhir menyampaikan hasil akhir dari proses rekayasa nilai.


Hasil dari proses rekayasa nilai ini adalah didapatkan alternatif berupa 3 buah Excavator 88 HP, 1 buah Wheel Loader 166 HP dan 9 buah Dump Truck 136 HP pada pekerjaan tanah, didapatkan juga alternatif berupa AC – WC = 4 cm dan AC – BC = 13,5 cm pada pekerjaan perkerasan aspal dan didapatkan juga  alternative berupa LPA kelas A = 15 cm dan LPA kelas B = 15 cm. Penghematan biaya hasil rekayasa nilai pada proyek tersebut sebesar Rp 169.004.174.000 atau 83,77% dari biaya eksisting proyek sebesar Rp 370.748.677.000 dan biaya setelah dilakukan rekayasa nilai adalah sebesar Rp 201.744.503.000


 


Kata Kunci: Rekayasa Nilai, JLS Panggul – Munjungan


Abstract


The purpose of this research is to know the process of value engineering and also to know the cost savings of the value engineering in the project of the South Panggul - Munjungan Trek Route, Trenggalek District, East Java.


This type of research is a quantitative research by conducting cost analysis by means of value engineering studies on road construction project pf South Panggul – Munjungan, Kab. Trenggalek, East Java. The first step is to collect data from relevant agencies, after obtaining RAB data and planning drawings, perform pareto analysis on RAB, classify functions on work items to be performed value engineering, perform Brainstorming, create a table of advantages and disadvantages analysis on each alternative, calculate Life Cycle Cost and determine Value Matrics and finally deliver the final result of the value engineering process.


The result of this value engineering process is obtained an alternative of 3 Excavator 88 HP, 1 Wheel Loader 166 HP and 9 Sump Trucks 136 HP on the ground work, also found alternative of AC – WC = 4 cm, and AC – BC = 13,5 cmin asphalt pavement work, and also found alternative in the form of LPA class A = 15 cm and LPA class B = 15 cm. The resulting cost savings on the project amounted to Rp 169.004.174.000 or  83,77% of the project’s existing cost of Rp 370.748.677.000 and the cost after the engineering value was Rp 201.744.503.000


Keywords: Value Engineering, JLS Panggul - Munjungan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.