LISTENING OF NEWS THROUGH CORNELL NOTE-TAKING SYSTEM IN A UNIVERISTY CRITICAL LISTENING CLASS

CINTYA EL MEYSARAH

Abstract


Abstrak


Penelitian ini menunjukkan bahwa Cornell Note-Taking System sudah diimplementasikan dalam proses belajar dan mengajar materi mendengarkanberita untuk mahasiswa sastra Inggris semester lima di kelas D critical listening Universitas Negeri Surabaya. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana dosen mengimplementasikan penggunaan Cornell Note-Taking System dalam pembelajaran mendengarkan berita bahasa Inggris, menjelaskan prosedur yang akan digunakan, serta mendiskusikan hasil dari tugas mahasiswa sesudah pengimplementasian Cornell Note-Taking System. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif, meneliti tentang penggunaan Cornell Note-Taking System dalam mengajarkan subjek mendengarkan berita bahasa Inggris. Catatan saat di lapangan, wawancara, dan tugas mahasiswa juga tercantum dalam penelitian ini. Selain itu, sebanyak enam belas mahasiswa di kelas D critical listening dipilih sebagai partisipan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, dosen telah mengimplementasikan Cornell Note-Taking System di kelas critical listening (semester lima) dengan baik. Ada beberapa langkah menurut Marzano (2001) yaitu persiapan, pertanyaan, dan ringkasan. Dosen memulai dengan langkah kecil dalam langkah pertama, meminta mahasiswa untuk membuat kolom note-taking dan melengkapi bagian identitas atas. Disini, dosen telah menyediakan format Cornell Note-Taking untuk mahasiswa. Teknik ini memberikan mahasiswa petunjuk untuk memepelajari informasi yang akan mereka peroleh dengan baik dan objektif. Kemudian dosen membiarkan mahasiswa untuk mengambil dan menuliskan catatan pada kolom bagian kanan dari format Cornell Note-Taking. Cara ini membangun kemampuan mendengarkan mahasiswa untuk menyampaikan kembali dan memaparkan apa yang ada di pengetahuan mereka baik berupa gambar, simbol, ataupun singkatan. Disini mahasiswa mencatat kata kunci/gagasan pokok dari informasi yang diperoleh. Pertanyaan-pertanyaan ataupun ptunjuk-petunjuk yang dibutuhkan dalam informasi adalah penting untuk pemahaman mahasiswa akan topik dari informasi tersebut. Langkah yang ketiga adalah meringkas catatan. Ini digunakan untuk mengajarkan mahasiswa bagaimana mensintesis dan mengatur informasi yang ada pada catatan mereka dengan memilah gagasan pokok dan kalimat penjelasnya. Pembuatan ringakasan setelah menulis catatan membantu mahasiswa dalam memproses informasi (Marzano:2000 p.5). Setelah membuat ringkasan, dosen memberikan komentar balik sebagai evaluasi dari proses belajar mengajar menggunakan Cornell Note-Taking System ini. Pada dasarnya, Cornell Note-Taking System bagus untuk mengatur catatan sehingga catatan dapat dibaca baik oleh pembuat catatan ataupun orang lain. Itulah mengapa terdapat kolom untuk ringkasan pada bagian bawah. Itu tempat dimana mahasiswa dapat mengatur catatan yang telah dibuatnya menggunakan bahasa mereka sendiri. Dosen sudah cukup baik ketika menuntun mahasiswanya dalam menggunakan Cornell Note-Taking System sebagai format catatan mereka dalam kelas critical listening. Selain itu, dosen juga selalu mengembalikan tugas mereka dan itu merupakan hal yang bagus dalam proses belajar mengajar.


Kata Kunci: Listening, News, CriticalListening, Cornell Note-Taking System


 


 


 


Abstract


 


This study showed that Cornell Note-Taking System has been implemented in teaching listening of news for fifth semester students in critical listening class D 2012 batch of English Literature study program in State University of Surabaya. Thus, this study aimed at describing how the lecturer implemented the use of Cornell Note-Taking System in teaching listening of news, explaining the procedures that the lecturer used, discussing the result of students’ tasks after the implementation of Cornell Note-Taking System. This study was descriptive qualitative, observing the use of Cornell Note-Taking System in teaching listening of news. Field notes, interview, and students’ tasks were employed. Besides, sixteen students in class D critical listening were chosen as the participants.


The result showed that: First, the lecturer had already implemented Cornell note-taking system in Critical listening class (fifth semester) well. There are some steps stated by Marzano (2001), preparing, questioning, and summarizing. The lecturer started with the first branches of step 1,asked the students to create note-taking form and complete the heading. Here the lecturer provided Cornell form for students. This technique provided students with direction for learning the inf ormation on how well they were going to the learning objectives. Then the lecturer let the students to take a note on the right side of Cornell note-taking form. This technique developed students’ listening ability to represent and elaborate on knowledge using images, symbols, or abbreviations. Here studentsnoted key idea/points. Second step, questions or cues,wereneeded to focus on the information that was important to the students’ understanding of the topic. The third step was summarizing the note. It was used to teach the students to synthesize and organize information their note in a way that captured the main ideas and supporting details. Making summary after writing the note helped the students to process information (Marzano: 2001 p.5). After making the summary the lecturer gave feedback as an evaluation of teaching and learning process using Cornell Note-Taking System.Actually the Cornell note-taking system form was good for organize the note. So, the note could be read by the note writer even other people. That was the reason why there was a column for summary. It was the place to organize the note using students own language or paraphrased. The lecturer was quite good when guiding the students to use Cornell note-taking system as their note-taking in critical listening class. In addition, the lecturer always returned the students’ Cornell sheet as a feedback and this was good activity.


Key Words: Listening, News, Critical Listening, Cornell Note-Taking System


 


 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.