ANALYSIS OF ARGUMENT AND ARGUMENTATION MADE BY S1 STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT

RAGA DRIYAN PRATAMA

Abstract


Abstrak
Berdasarkan hasil pra-observasi, mayoritas mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris ( Prodi PBI) di Universitas Negeri Surabaya belum dapat menyusun argumen dengan baik. Hal ini dibuktikan melalui sistematika penyusunan dan logika argument yang lemah pada latar belakang masalah pada skripsi. Walaupun beberapa mahasiswa sudah mampu berargumen sesuai dengan elemen penyusunan argumen yang baik (klaim, alasan, bukti, dan konklusi), mereka masih belum bisa mengaplikasikan keterampilan berpikir kritis sebagai proses berargumen. Sayangnya, fenomena seperti ini mungkin sudah terjadi lebih dari 10 tahun silam tanpa ada analisis potret retorika argumen dan berpikir kritis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana sebuah klaim didukung dengan alasan dan bukti yang relevan dan menganalisis bagaimana keterampilan berpikir kritis digunakan untuk menyusun argumen. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis latar belakang masalah yang terdapat pada Bab 1 enam buah skripsi yang ditulis mahasiswa Prodi PBI sebagai sumber data. Hasil penelitian menunjukkan hanya 1 dari 6 sampel skripsi yang diteliti memaparkan alasan dan bukti yang relevan untuk mendukung klaim-klaim yang ada pada argumen. Temuan lain dari penelitian ini adalah hanya 1 dari 6 sampel yang diteliti yang mampu menggunakan keterampilan berpikir kritis untuk menyusun argumen-argumen secara logis.

Kata Kunci: argumen, proses berargumen, keterampilan berpikir kritis, latar belakang masalah, skripsi.


Abstract
An early observation on the undergraduate theses written by students majoring at English Education at State University of Surabaya shows that students could not present systematic and logical arguments in the background of the study of their undergraduate thesis (skripsi). Eventhough some of them could build argument through argument traits (claim, reason, evidence, and attempt to influence), they did not present critical analysis to support their argument. It might be that such phenomenon has happened more than 10 years. However, it is predicted that research on such matters has not been undertaken yet. This study aims to analyze how reasons and evidence in the background of the study of the skripsi support claims of arguments and how critical thinking skills are used to build arguments. Six theses written by the English Education Study Program of UNESA were analyzed qualitatively to answer such questions. Result shows that only one out of six skripsi presents argument systematically and logically by providing relevant reasons and evidence to support claims of arguments. Another important result of the study is there is also one out of six students who can fulfill the specific skills of critical thinking to build argument.
Keywords: argument, argumentation, critical thinking skills, background of the study, undergraduate thesis.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.