A STUDY OF DIFFERENCES BETWEEN FEEDBACK GIVEN BY NOVICE AND EXPERT ENGLISH TEACHERS

TRIA FIRDAUSI AZIZAH

Abstract


Abstrak


Interaksi di dalam kelas merupakan suatu keharusan dalam komunikasi untuk membangun ikatan yang kuat antara guru dan siswa yang terjadi dalam tiga aksi, pertama ajakan dalam bentuk pertanyaan dari guru, menanggapi dalam bentuk jawaban dari siswa, dan bereaksi dalam bentuk umpan balik dari guru. Umpan balik merupakan salah satu unsur penting dalam pendidikan. Ini membantu siswa untuk memahami subjek yang diteliti dan memberi mereka panduan yang jelas tentang bagaimana untuk meningkatkan pembelajaran mereka (Bellon, Bellon, & Blank, 1992) tetapi pengalaman guru yang berbeda dalam mengajar dapat menyebabkan cara yang berbeda dalam memberikan umpan balik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan dalam memberikan umpan balik antara guru pemula dan guru ahli, terutama dalam hal kelangsungan dan pilihan kata, serta daftar jenis umpan balik yang guru bahasa Inggris pemula dan guru ahli gunakan sebagian besar dalam kelas dan dikhususkan pada umpan balik lisan.


Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain deskripsi dan dilakukan dengan cara kualitatif. Objek penelitian ini adalah salah satu guru bahasa Inggris pemula dan satu guru bahasa Inggris ahli. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP di Gresik. Guru pemula dan ahli dibedakan dengan karakteristik bukan dengan berapa lama mereka mengajar.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris pemula cenderung menggunakan umpan balik langsung, di sisi lain, guru bahasa Inggris ahli cenderung menggunakan umpan balik tidak langsung jika dalam masalah keterusterangan. Sedangkan dari sudut pandang pilihan kata, dua guru menggunakan umpan balik positif dan netral. Menariknya, guru pemula juga menggunakan umpan balik negatif dalam mengontrol kelas.


Kata kunci: umpan balik, guru bahasa Inggris pemula, guru bahasa Iggris berpengalaman


 


Abstract


Interaction in the classroom is a necessity in communication matter to build powerful bond between teacher and students which occurred in three actions, first soliciting in the form of question from the teacher, responding in the form of answer from the student, and reacting in the form of feedback from the teacher. Feedback is one of important elements in education. It helps students to understand the subject being studied and gives them clear guidance on how to improve their learning (Bellon, Bellon, & Blank, 1992) but teachers’ different experience in teaching may result different ways in giving feedback. Therefore, this research is conducted to find out the differences in giving feedback between novice and expert teacher, especially in term of directness and choice of word, then list the kinds of feedback that novice and expert English teacher mostly use in class and the concern in spoken feedback.


The research was conducted using description design and done in qualitative way. The object of this study was one novice English teacher and one expert English teacher. The setting was in one of Junior High School in Gresik. Novice and expert teacher was differentiate by the characteristic not by how long they teach


The result showed novice English teacher tend to use direct feedback, in the other hand, expert English teacher tend to use indirect feedback if it in directness term. While from the choice of word point of view, two teachers use positive and neutral feedback. Interestingly, novice teacher also use negative feedback in controlling class.


Keywords: Feedback, novice English teacher, expert English teacher. 


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.