DEVELOPING DESCRIPTIVE WRITING SKILL BY USING SMALL GROUP DISCUSSION FOR TENTH GRADERS

MAGHFUROH

Abstract


Abstrak


 


Peneliti menekankan pada deskripsi pelaksanaan diskusi kelompok kecil untuk mengajar menulis teks deskriptif untuk kelas X SMAN 1 Menganti Gresik. Peneliti mengumpulkan tanggapan-tanggapan siswa terhadap pelaksanaan diskusi kelompok kecil dan dianalisis siswa siswa komposisi terhadap pelaksanaan diskusi kelompok kecil di samping menilai efektivitas teknik pengajaran ini. Peneliti menerapkan desain penelitian deskriptif kualitatif.


Data yang dikumpulkan dari catatan lapangan mengungkapkan bahwa guru menerapkan diskusi kelompok kecil. Instrumen yang yang digunakan berupa angket dan komposisi siswa, yang mana digunakan untuk mengumpulkan tanggapan tanggapan siswa terhadap diskusi kelompok kecil untuk mengajar menulis deskriptif teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menganggap bahwa diskusi kelompok kecil sebagai teknik pengajaran yang berguna. Kuesioner membuktikan bahwa diskusi kelompok kecil membantu dan menyenangkan untuk keterampilan menulis. Selain itu, analisis komposisi siswa mengungkapkan bahwa siswa menulis lebih baik setelah pemberian diskusi kelompok kecil. Kesimpulannya yang didapat, diskusi kelompok kecil mampu memotivasi siswa untuk menulis lebih baik.


 


 


 


 


 


 


 


Kata kunci:  diskusi kelompok kecil, teks deskriptif.


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


Abstract


This researcher emphasized on the description of the implementation of small group discussion to teach writing of descriptive text to the tenth graders of SMAN 1 Menganti Gresik. The researcher gathered students’ responses towards to the implementation of small group discussion and analyzed students’ composition towards the implementation small group discussion in addition to assessing the effectiveness of this teaching technique. The researcher applied descriptive qualitative research design.


The data gathered from the field notes revealed that the teacher implemented small group discussion. The instruments used are questionnaire and students’ compositions, which they were used to gather the students’ responses towards of small group discussion to teach writing descriptive. The result showed that students viewed small group discussion as a useful teaching technique. The questionnaire revealed that small group discussion helped and enjoyable for writing skills. Moreover, the analysis of students’ compositions revealed that the students wrote better after the provision of small group discussion. In conclusion, small group discussion was able to motivate students to write better.


 


 


Keywords: small group discussion, descriptive text.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.