The Use of Realia to Teach Writing Descriptive Text to The Seventh Graders

INAYATUS SHOLIHAH

Abstract


The Use of Realia to Teach Writing Descriptive Text to The Seventh Graders


Inayatus Sholihah


English Education, Language and Art Faculty, State University Surabaya


inayatussholihah@mhs.unesa.ac.id


 


Him’mawan Adi N, S.Pd., M.Pd.


English Education Department, Faculty of Language and Art, State University of Surabaya


himmawan_95@yahoo.co.id


Abstrak


 


Terdapat empat pokok keahlian di bahasa Inggris, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Menulis termasuk keahlian yang tidak mudah untuk dipelajari, terutama tentang teks descriptive. Kesulitan yang didapat dari menulis teks descriptive datang dari detail benda yang harus dijelaskan siswa secara jelas di dalam sebuah teks. Maka dari itu, guru bisa mencoba menggunakan media pengajaran yang tepat untuk membantu siswa lebih mengerti tentang teks descriptive. Salah satu media pengajaran yang bisa digunakan guru yaitu menggunakan media Realia. Realia dikenal sebagai istilah untuk segala benda nyata yang digunakan di dalam kelas untuk membangun pengetahuan dasar dan kosakata (Adrienne and Jordan, 2000:23). Tujuan dari media ini adalah untuk memudahkan siswa dalam menyebutkan ciri-ciri benda secara detail dengan melihat langsung benda-benda nyata, sebagai hasil dari menulis teks descriptive. Penulis menggunakan cara kualitatif sebagai metode penelitian.


Terdapat dua permasalahan masalah di dalam penelitian ini, yaitu melihat cara guru menerapkan media Realia ini kedalam pengajaran menulis teks descriptive dan melihat respon siswa selama penerapan media pengajaran Realia di dalam menulis teks descriptive. Penelitian ini menggunakan dua jenis instrumen, yaitu lembar pengamatan dan lembar respon siswa. Penelitian ini dilakukan selama tiga kali pertemuan. 


Penelitian ini membawa hasil yang cukup baik. Guru telah menerapkan media pengajaran dengan baik dan respon siswa menunjukan hasil yang memuaskan. Guru telah menerapkan langkah-langkah dalam proses menulis dengan sangat jelas. Dia telah menerapkan pre-writing, whilst-writing, dan post-writing sesuai dengan teori O’Malley dan Pierce (1996:139), dan penerapan pembelajaran menulis pada kurikulum 2013. Hasil respon siswa juga menunjukkan bahwa sebagian besar siswa antusias selama pembelajaran berlangsung dengan penerapan media Realia (miniatur binatang) yang dilakukan oleh guru. Dari hasil respon siswa, juga menunjukkan bahwa siswa berpikir Realia adalah media yang kreatif, yang dapat mempermudah mereka untuk memahami pelajaran, meningkatkan motivasi belajar mereka, dan menciptakan suasana yang baik di kelas. Singkat kata, media pengajaran Realia menunjukan bahwa dapat diterapkan dengan baik untuk mengajar menulis teks descriptive di kelas satu Sekolah Menengah Pertama.


Kata Kunci : Realia, Keahlian Menulis, Teks Descriptive


 


Abstract


 


English has four skills, those are listening, speaking, reading and writing. Writing is not an easy skill to be mastered. The difficulties in writing come from the generic structure and also the language features. In order to make student understand more about writing, especially writing descriptive text, the teacher can use an appropriate mediathat can be the way of making students more understanding about descriptive text. One of the media that recommend in curriculum 2013 is Realia. Realia is a term for real things or objects that are used in the classroom to build background knowledge and vocabulary(Adrienne and Jordan, 2000:23). Realia has purpose that is to make students easy to mention the characteristics of the object in detail. This research is described in a qualitative way.


Two research questions which had been formulated by the writer were how the teacher implemented Realia to teach writing descriptive text and how are students responses of the implementation of Realia as a media in writing descriptive text. The researcher used two instruments, those are observation sheets and students response. The researcher conducts the research in three meetings.


The result of this research was quite good. Realia is implemented in a good way by the teacher and students response result were good. The teacher had done the steps of writing process clearly. She did pre-writing, whilst-writing, and then post-writing that related to O’Malley and Pierce theory (1996:139) and the implementation of writing lesson in 2013 curriculum. Also,the result of the students’ questionnaires showed that most students were enthusiastic during the teaching-learning process which was conducted by the teacher by using Realia (miniature of animal) as a media. They enjoyed each activity given by the teacher. From the students’ questionnaires, it is also showed the students thought that this is a creative media, which can ease them to understand the materials, increase their motivation, and create good atmosphere in the class. In brief, Realia can be applied in the seventh graders to teach writing a descriptive text.


Keyword: Realia, Writing Skill, Descriptive Text


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.