Teacher’s Instructions in a State Junior High School in Surabaya

IRA PUSPITASARI

Abstract


Teacher’s Instructions in a State Junior High School in Surabaya


Ira Puspitasari


English Education Program, Faculty of Languages and Arts, State University of Surabaya


irapuspitasari@mhs.unesa.ac.id


 


Ahmad Munir


 English Department, Faculty of Languages and Arts, State University of Surabaya


ahmadmunir@unesa.ac.id


Abstrak


Penelitian ini menganalisa bagian-bagian yang tidak di teliti oleh Kang (2013). Kang (2013) melakukan penelitian tentang bahasa yang digunakan guru bahasa Inggris sebagai bahasa asing untuk ketertiban kelas. Penelitiannya hanya fokus pada fungsi penguasaan yang bertujuan untuk ketertiban kelas sedangkan penelitian ini fokus pada bagian pengaturan dan juga bagian untuk memerintahkan murid melakukan sesuatu. Penelitian ini meneliti tipe-tipe instruksi dan fungsi kelas yang digunakan oleh guru selama proses belajar mengajar, bahasa yang digunakan guru, dan pengaruh pada reaksi para siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana seorang guru bahasa Ingris di salah satu SMP Negeri di Surabaya sebagai partisipannya. Data diperoleh dengan menggunakan catatan penelitian dan rekaman video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan tiga macam instruksi di dalam kelas: perintah, permintaan, dan saran (Hughes, 2007). Perintah adalah instuksi yang paling sering digunakan oleh guru. Instruksi-instruksi tersebut diberikan dalam empat bahasa; bahasa inggris, bahasa Indonesia, gabungan dari bahasa inggris dan bahasa Indonesia, dan juga penerjemahan dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia. Selain itu, guru memberikan instruksi-intruksi dengan beberapa cara yang berbeda. Untuk beberapa instruksi guru menggunakan awalan dan mediasi agar mendapatkan tanggapan dari siswa tetapi untuk beberapa instruksi yang lainnya guru tidak memberikan awalan dan mediasi. Guru juga memberikan banyak instruksi pada waktu yang sama yang membuat beberapa instruksi mendapatkan tanggapan dan beberapa instruksi yang lainnya tidak. Pada akhirnya, bisa disimpulkan bahwa penting bagi guru untuk lebih memperhatikan dalam penggunaan instruksi di dalam kelas.


Kata kunci: Bahasa Guru, Instruksi, Tipe-Tipe Instruksi


Abstract


This research analyzed some parts that did not observe by Kang (2013). Kang (2013) conducted a research about EFL teachers’ language used for classroom discipline. His study only focused on the controlling function for disciplinary purposes while this research focused on the organizing and operative functions. This research investigated the types of instructions, the language used by the teacher and classroom function used by the teacher during teaching-learning process, and the impact on students’ responses. This study was qualitative research which has an English teacher in one of state junior high schools in Surabaya as the participants. The data gained by using field note and video recording. The findings of this study revealed that the teacher used three types of instructions in the classroom; commands, requests, and suggestions (Hughes, 2007). Commands were mostly used by the teacher. Among the three functions, the teacher gave the instructions for controlling function only in few numbers and mostly gave the instructions for operative functions. The results also showed that the instructions were given in four languages; English, Indonesian, the combination of English and Indonesian, and also the translation from English into Indonesian. Moreover, the teacher gave the instructions in different ways. For some instructions the teacher used framing and mediating to get response from the students but for some other instructions he did not use both framing and mediating. The teacher also gave lots of instructions in the same time which made some instructions had response and some others had not. Indeed, it is important for teachers to be aware more in order to use the instructions in the classroom.


Keyword: Teacher Talk, Instruction, Types of Instruction


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.