GOOD ENGLISH TEACHER’S CLASSROOM BEHAVIOUR IN SMP AL HIKMAH SURABAYA

INDAH KHUROTUL AINIA

Abstract


GOOD ENGLISH TEACHER’S CLASSROOM BEHAVIOUR IN SMP AL HIKMAH SURABAYA


Indah Khurotul Ainia


English Department, Faculty of Languages and Arts, State University of Surabaya


Indahainia@mhs.unesa.ac.id


Abstrak


Untuk menjadi guru yang baik, tiap guru bahasa Inggris diharapkan mampu menampilkan perilaku yang baik dalam segi verbal maupun nonverbal. Oleh karena itu, studi kasus telah dilakukan dengan tujuan memberikan refleksi dan inspirasi bagi guru-guru bahasa Inggris dalam menerapkan perilaku kelas yang baik. Subjek dari penelitian ini adalah guru dari sekolah menengah pertama Al-Hikmah Surabaya yang telah dinobatkan sebagai guru berprestasi. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan juga catatan lapangan. Hasil penelitian beragam,  baik perilaku verbal maupun yang nonverbal. Dari segi perilaku verbal, ada beberapa fitur yang ditemukan. Diantaranya adalah menjelaskan, memeberi pertanyaan tersurat, mengulangi perkataan siswa, memuji, memeberi umpan balik terhadap penggunaan bahasa beserta kontennya. Kemudian dari segi perilaku nonverbal adalah mempertahankan kontak mata, menajamkan kontak mata, mengangkat ibu jari, menunduk, memposisikan tubuh kedekat siswa, memberikan penekanan pada poin penting, berjalan keliling kelas. Tiap dari fitur perilaku guru baik  secara verbal dan juga nonverbal yang ditemukan merefleksikan peran guru sebagai guru yang baik, yakni sebagai pengontrol, pemberi umpan, sumber bahasa, dan pemberi umpan balik. Diharapkan hasil dari studi ini dapat dijadikan pembelajaran bagi guru baru maupun senior untuk selalu menghasilkan perilaku kelas yang baik saat mengajar.


Kata Kunci : Guru baik, perilaku kelas, perilaku verbal, perilaku nonverbal


 


Abstract


To be a good teacher, each of the English teacher should be able to perform the verbal and the nonverbal classroom behaviour well. Therefore, a case study has been conducted for the English teacher’s reflection and inspiration to reveal the effective classroom behaviours. There was only a single teacher participated in this study. She is an English teacher of SMP Al Hikmah who has been awarded as accomplished teacher. The data were collected from the triangulation among observation, interview and the field notes. The results of the study vary from the verbal behaviour to the nonverbal ones. Those of features of the verbal behaviours found are explaining or informing, employing display question, echoing student’s statement, praising, employing form and open ended feedback. The results of the nonverbal behaviour are maintaining, prolonging eye contact, raising thumb, bending down, moving body closer to student, putting stress in the important speech, and moving around the class. Each of the features represents the good teachers’ roles as a controller, prompter, language resource and feedback provider. It is recommended that the other English teachers both the novice and the professional may put these results as reflection to reveal the good classroom behaviour.


Key Words: Good teacher, classroom behaviour, verbal behaviour, nonverbal behaviour


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.