STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARDS THE IMPLEMENTATION OF 2013 CURRICULUM IN ENGLISH CLASS OF SMP NEGERI 1 GRESIK

RAHAYU NUR HIDAYAH

Abstract


STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARDS THE IMPLEMENTATION OF 2013 CURRICULUM IN ENGLISH CLASS OF SMP NEGERI 1 GRESIK


Rahayu Nur Hidayah


English Education, Faculty of Languages and Arts, State University of Surabaya


rahayuhidayah@mhs.unesa.ac.id


Abstrak


Sebagai salah satu elemen dalam pendidikan, kurikulum memiliki peranan penting. Sejak merdeka, Indonesia telah menerapkan beberapa kurikulum. Kurikulum terbaru yang sedang diterapkan adalah Kurikulum 2013 atau K-13 dengan apek-aspek baru yang berbeda dari kurikulum-kurikulum sebelumnya. Kurikulum ini belum bisa diterapkan di semua sekolah. Hal ini disebabkan karena pemerintah telah mengintruksikan penggunaan ulang Kurikulum 2006 (KTSP) di beberapa sekolah karena persepsi negatif yang muncul dari masyarakat tentang K-13. Sementara itu, K-13 masih tetap digunakan di beberapa sekolah lainnya sebagai sekolah percobaan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan persepsi siswa tentang penerapan K-13 di kelas Bahasa Inggris dalam hal materi, pedekatan saintifik, asesmen. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Gresik. Subyek penelitian adalah lima siswa kelas 8-A dengan perincian dua siswa berprestasi tinggi, satu siswa berprestasi menengah, dan dua siswa berprestasi rendah. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan wawancara sebagai instrumen penelitian. Data didapatkan dari satu sesi wawancara utama dan beberapa sesi wawancara tambahan. Penemuan memerlihatkan bahwa terlepas dari beberapa persepsi negatif, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar persepsi para siswa positif dalam tiga hal tersebut.


Kata Kunci: persepsi siswa, kurikulum 2013, Bahasa Inggris.


 


Abstract


As one of the elements of education, curriculum has an important role. Since its independence, Indonesia had implemented several curricula. The newest curriculum that is currently implemented is 2013 Curriculum or K-13 with new aspects that different with the previous curricula.  This curriculum cannot be implemented in all schools. This is as a result of the government’s instruction to re-use 2016 Curriculum (KTSP) in some schools because of the negative perceptions of K-13 from the society. Meanwhile, K-13 is still used in some other schools as pilot schools. This research was aimed to discover students’ perceptions towards the implementation of K-13 in English class in terms of the materials, scientific approach and assessment. This research was conducted at SMP Negeri 1 Gresik. The subjects of the research were five students of 8-A; two high-achieved students, one middle-achieved student, and two low-achieved students. This descriptive qualitative research used interview as the research instrument. The data were gained from a main interview session and several addition interview sessions. The findings showed that despite some negative perceptions, it can be concluded that most of the students’ perceptions were positive in terms of the three aspects.


Keywords: students’ perceptions, 2013 Curriculum, English.



 


 


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.