The Implementation of Active Learning for Asking and Expressing Information at A 7th Grader of States Junior High School Ngoro 1 Mojokerto

MUHAMMAD AGUNG WICAKSONO

Abstract


Abstrak


Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik pembelajaran aktif dalam berbicara dapat diterapkan untuk SMP, terutama untuk kelas 7  "A"  SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto.Dasar penelitian ini menggunakan metode gabungan dari kuantitatif dan kualitatif sebagai desain penelitian atau disebut dengan metode campuran, mendapatkan data berasal dari pelaksanaan di kelas dengan menggunakan teknik pembelajaran aktif berdasarkan ALIS Hamzah, sebanyak sembilan karakteristik pembelajaran aktif di sekolah; pusat pembelajaran siswa, hubungan antara cerita dengan kehidupan, mendukung siswa untuk berpikir lebih, memiliki banyak gaya yang berbeda untuk mengajar para siswa, interaksi berasal dari segala arah, menggunakan lingkungan sebagai media untuk mengajar, merancang kelas untuk membuat siswa lebih nyaman saat belajar, guru sebagai panduan dan guru memberikan beberapa sebuah umpan balik kepada siswa, semua data ini ditulis di lapangan dengan mencatat semua aktivitas di dalam kelas, kuesioner untuk data berasal dari siswa tentang minat mereka untuk belajar aktif di kelas terdiri pra kegiatan, kegiatan utama dan kegiatan penutup.Dalam melaksanakan teknik pembelajaran aktif, selama dua pertemuan mermainkan peran atau memberi contoh untuk membuat siswa memahami dengan mudah, siswa menjadi aktif dalam kelas sambil belajar berbicara dan guru menjadi pemandu atau pengarah di kelas, yang kedua guru pertemuan meminta murid-muridnya untuk membuat kelompok terdiri empat orang untuk masing-masing kelompok, setiap kelompok harus membuat informasiseperti meminta arah berdasarkan peta dan mengekspresikan monolog mereka ketika presentasi drama atau kinerja mereka di depan kelas. Selain itu, pembelajaran aktif dapat dikombinasikan dengan berbicara di kelas dan pelaksanaannya sebagai panduan teladan bagi guru atau praktisi pendidikan lainnya ketika mereka terlibat dengan SMP di kompetensi bahasa.


Kata Kunci: Pelaksanaan, Pembelajaran Aktif, Speaking, Sekolah Menengah Pertama


 


                                                                Abstract           


This research is to find out how the implementation of active learning technique in speaking can be adapted for junior high school, especially for 7th grade of “A” states junior high school 1 Ngoro Mojokerto.The base of this research is using quantitative and qualitative as research design or called by mixed method, the gain of data come from the implementation in the class by using active learning technique based on the ALIS Hamzah, they are nine characteristic active learning in school; the center of learning is students, the relationship between life stories, support the students to thinking more, have many different styles to teach the students, interaction comes from any direction, use the environmental as media to teach, design the classes to make students more comfortable when learning, teacher as a guide and teacher gives some feedback to students, all this data it was written in the field notes all the activity in the classroom , a questionnaire for gain data from students about their interest for active learning in the classroom consist pre activity, main activity and closing activity.In implementing the active learning technique, during two meetings the teacher was implemented the role play to made the students understand easily, the students became active in the class while learning speaking and the teacher became a guide or director in the class, the second meetings teacher asked her students to made a group consist four person for each groups, every groups should made an asking information as asking direction based on the map and expressing their monologue while presentation their drama or performance in the front of class. Moreover, active learning can be combined with speaking in the class and their implementations are the exemplary guides for the teachers or other educational practitioners when they are engaging with junior high school at language competency.


Key words:Implementation, Active Learning, Speaking, Junior High School



 


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.