Learning Strategies Applied by English Education Students in Academic Speaking Class

INDAH NUR ANISAH

Abstract


Learning Strategies Applied by English Education Students in Academic Speaking Class 


Indah Nur Anisah


English Education, Language and Art Faculty, State University of Surabaya


indahna18@gmail.com


 


Esti Kurniasih, S.Pd., M.Pd.


English Education Department, Faculty of Language and Art, State University of Surabaya


estikurniasih@unesa.ac.id


 


 


Abstrak


 Academic Speaking adalah salah satumatakuliah di jurusan Pendidikan BahasaInggris yang tidak mudahuntuk dipelajari dan dikuasai. Hal ini menyebabkan para mahasiswa menghadapaibeberapakesulitandalammemahamikontenmateri yang akan meraka presentasikan danjuga mempelajari tata cara presentasi. Dengan demikian, sangatlah penting bagimahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris untuk dapat menemukans trategi belajar yang sesuai untuk dapat mendampingi dan membantu mereka dalam mempelajari mata kuliah tersebut.


Lebih lanjut, peneliti bermaksud untuk mengadakan penelitian berbentuk basic qualitative. Tujuan dari penenlitian ini adalah untuk menemukan strategi belajar apa saya yang digunakan mahasiswa  dikelas Academic Speaking, factor apasaja yang memperngaruhi mereka dalam memilik strategi belajar, dan bagaimana strategy belajar yang mereka gunakan dapan mendampingi dan membantu mereka dalam belajar. Dalam penelitiannya, peneliti memilih untuk menyebarkan angket, melakukan observasi, dan melakukan wawancara di tiga dari lima kelas Academic Speaking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dari tiga kelas tersebut secara tidak terduga menggunakan hamper semua jenis strategi belajar yang termasuk dalam strategi metacognitive, cognitive, dansocio-affective. Dalam memilih strategi belajar, para mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa factor yang salah satu diantaranya adalah teknik mengajar yang digunakan oleh dosen. Dalam penelitian ini, peneliti juga menemukan bahwastrategi belajar yang digunakan oleh para mahasiswa memang benar – benar dapat mendampingi dan membantu mereka dalam proses belajar khususnya dalam mempelajari skil berbicara yang berhubungan dengan tujuan akademis.


Kata Kunci:  Strategibelajar, mahasiswa pendidikan bahasa inggris, kelas academic speaking


 


Abstract


 


As one of the subjects in learning speaking in English Education Department, Academic Speaking materials are not easy to be learnt and mastered. It causes the students to face some difficulties in understanding the content of the materials that they are going to present and the way how to present it. Thus, it is important for the English Education students to find the best learning strategies in order to assist and help them in learning the materials.


Furthermore, the researcher intended to conduct a basic qualitative research. The purposes of the study are to find out the learning strategies applied by the students in Academic Speaking class, the factors that affect the students’ choice of learning strategies, and how those learning strategies assist and help their speaking skill. Further, the researcher chose to distribute the questionnaire, observe, and interview the students in three of five Academic Speaking classes. The results show that the students of those classes unexpectedly applied almost all the learning strategies provided on the metacognitive, cognitive, and socio-affective strategies. Moreover, the choice of the learning strategies was affected by several factors in which one of them is affected by the lecturer’s teaching techniques. In addition, through the research, the researcher found that the learning strategies applied by the students truly assist and help them in their learning activities especially in their speaking skill which is related to the academic purposes.


 


Keywords: Learning strategies, english education students, academic speaking class   


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.