Monologue Video as a Product in Project Based Learning to Teach Speaking Descriptive Text to the Seventh Graders of SMP Negeri 3 Sidoarjo

Desak Ketut Desy Arisanti

Abstract


Monologue Video as a Product in Project Based Learning to Teach Speaking Descriptive Text to the Seventh Graders of SMP Negeri 3 Sidoarjo 


Desak Ketut Desy Arisanti


English Education, Language and Art Faculty, State University Surabaya


desakarisanti@gmail.com


 


Esti Kurniasih, S.Pd, M.Pd


English Education Department, Faculty of Language and Art, State University of Surabaya


Estikurniasih@unesa.ac.id


 


Abstrak


       Berbicara adalah salah satu kemampuan penting yang harus dipelajari dan dikuasai oleh siswa dalam belajar bahasa. Namun, pada kenyatannya, ada banyak guru yang mengajar kemampuan berbicara menggunakan metode yang sama dan terus berulang-ulang yang dapat membuat siswa merasa bosan dan tidak terlalu memperhatikan materi tersebut.


       Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implemntasi dari pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan video percakapan sendiri untuk mengajarkan berbicara teks deskriptif dan kemampuan berbicara siswa di video percakapan sendiri sebagai hasil dari implementasi pembelajaran berbasis proyek.


       Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yang berfungsi untuk menganalisa, menjelaskan dan menafsirkan data secara kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan melakukan pengamatan pada siswa kelas tujuh di SMP Negeri 3 Sidoarjo. Catatan lapangan, dan video percakapan sendiri milik siswa adalah alat untuk membantu peneliti mengumpulkan data


       Berdasakan dari hasil dan diskusi, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan video percakapan sendiri untuk mengajar berbicara teks deskriptif sangat bagus. Para siswa dapat membangun pemikiran kritis, menyelesaikan masalah dan menemukan solusi oleh diri mereka sendiri. Disamping itu, para siswa dapat lebih aktif dalam sesi tanya jawab ketika mereka butuh mengetahui sesuatu dan tidak paham dengan materi yang ada. Setelah itu, para siswa membuat teks deskriptif yang baik dan membuat video percakapan sendiri yang kreatif sebagai hasil untuk mendeskripsikan idola mereka dalam bentuk teks deskriptif lisan selama implementasi pembelajaran berbasis proyek.


 


Kata Kunci: Video Percakapan Sendiri, Proyek, Kemampuan Berbicara, Teks Deskriptif, Kelas Tujuh 


 


Abstract


 


Speaking is one of the important skills that should be learned and mastered by the students in learning language. However, in fact, there are many teachers who teach speaking using the identical and monotonous method that can make the students feel bored and do not really care with the material.


                This research aims to describe the implementation of Project Based Learning by using monologue video as the students’ project to teach speaking descriptive text and the students’ speaking ability in monologue descriptive video as the result of the implementation of Project Based Learning.


                This research is descriptive qualitative, it functions to analyze, describe and interpret the data qualitatively. The researcher gained the data by doing observation in seventh graders of SMP Negeri 3 Sidoarjo. Field notes and students’ monologue video are the instruments to help the researcher to gain the data.


Based on the result and discussion, it can be concluded that the implementation of Project Based Learning by using monologue video to teach speaking descriptive text was really great. The students could build their critical thinking, solve their problems and find the solution by themselves. Besides, the students could be more active in asking and answering section when they need to know something and did not understand the material. Afterwards, the students could make a good descriptive text and also produce creative monologue video as their product to describe their idol in the form of spoken descriptive text during the implementation of Project Based Learning.


 


 


Keyword: Monologue Video, Project, Speaking Skill, Descriptive Text, Seventh Graders


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.