Teacher’s Techniques in The Teaching of Pronunciation in a Vocational High School

Citra Putri P K W

Abstract


Teacher’s Techniques in The Teaching of Pronunciation in a Vocational High School 


Citra Putri Pertiwi Kusuma Wardani


English Education, Language and Art Faculty, State University Surabaya


citraputripkw@gmail.com


 


Prof. Dr. Susanto, M. Pd.


English Education Department, Faculty of Language and Art, State University of Surabaya


Susanto@unesa.ac.id


Abstrak


                Pengucapan adalah salah satu hal penting dalam menyampaikan pesan dari pembicarapadapen dengar. Faktanya, pembelajaran pengucapan Bahasa Inggris tidak mendapatkan cukup perhatian. Ini dibuktikan dengan hanya sedikit sekolah Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing maupun Bahasa Inggris sebagai Bahasa kedua yang menawarkan kelas khusus pembelajaran pengucapan Bahasa Inggris. Meskipun tidak ada kelas khusus pembelajaran pengucapan Bahasa Inggris, guru mempunyai tanggungjawab untuk memperbaikiatau mengajarkan pengucapan Bahasa Inggris jika para siswa melakukan kesalahan pengucapan. Guru dapat mengintegrasikannya dengan kemampuan Bahasa Inggrisselama proses belajar mengajar Bahasa Inggrisuntuk menghindari kesalahan pengucapan. Ketika guru mengintegrasikan pembelajaran pengucapan Bahasa Inggris dalam kemampuan Bahasa Inggris yang lain, guru juga membutuhkan pertimbangan untuk menentukan teknik yang tidak membutuhkan waktu lama untukdiaplikasikan.


                Dari alas an diatas, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik-teknik yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran pengucapan Bahasa Inggris. Peneliti mengaplikasikan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan teknik-teknik yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran pengucapan Bahasa Inggris. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru Bahasa Inggris di sebuah Sekolah Menengah Kejuruan di sebuah kota industri yang mengajar jurusan Usaha Jasa Pariwisata. Pengamatan ini dilakukan di dalam ruang kelas dimana guru mengajarjurusantersebut. Waktu yang dilakukan untuk pengamatan adalah selama kegiatan belajar mengajar dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Dalam memperoleh data, peneliti melakukan dua teknik yaitu pengamatan dan wawancara. Data dalam pengamatan ini adalah berupa lisan guru ketika memperbaiki maupun mengajarkan pengucapan Bahasa Inggris. Lalu, wawancara dilakukan untuk memperoleh data berupa informasi tertentu berupa pertimbangan dan pendapat guru ketika mengaplikasikan teknik tertentu. Data dianalisa dan ditampilkan secara singkat.


                Berdasarkan hasil analisa data, peneliti menemukan empat teknik yang digunakan oleh guru untuk memperbaiki kesalahan pengucapan Bahasa Inggris yang dilakukan siswa. Teknik ini digunakan dengan mengintegrasikannya dengan kemampuan membaca. Guru mengaplikasikan teknik minimal pairs drills, teknik drilling, dan dua lainnya, antara lain teknikexplicit correctiondanself-correction. Ia juga tidak mengaplikasikan teknik phonetic training karena factor intelek para siswa. Kenyataannya, teknik-teknik yang diaplikasikan oleh guru tidak berjalan secara efektif karena teknik-teknik tersebut tidak membantu para siswa untuk memenuhi kompetensi dasar yang berkaitan dengan pengucapan Bahasa Inggris dan teknik tersebut hanya fokus pada bagaimana memproduksi bunyi secara benar. Pengucapan, penekanan dan intonasi adalah materi yang harus dipertimbangkan oleh guru untuk memenuhi kompetensi dasar tersebut.


Kata Kunci: pengucapan, teknik, kejuruan, pariwisata


 


Abstract


Pronunciation is one of the important things since it conveys messages from the speaker to the listener. In fact, pronunciation has not received sufficient attention. It is proved only few numbers of EFL/ESL schools which offer pronunciation-specific classes. Although there is not pronunciation-specific class in the school, the teacher has responsibility in correcting or teaching pronunciation if the students made error pronunciation. The teacher can integrate it into other skills during English teaching learning process in order to avoid mispronunciation. While the teacher integrates pronunciation into other skills, the teacher also needs to consider the appropriate technique which does not take long time to apply.


For the reason above, this research was aimed to describe the teacher’s techniques in the teaching of pronunciation. The researcher applied a qualitative approach to obtain the information related with teacher’s technique to teach pronunciation. The subject is an English teacher in a Vocational High School in an industrial city who teaches a tourism business program. The observation was held in the classroom where the teacher teaches tourism business program. The time of obtaining the data was held along teaching learning process of English lesson. In order to gain the data, the researcher employed two techniques that are, observation and interview. The data of this research is verbal behavior of the teacher during correcting and teaching pronunciation. Then, the interview was held to gain the data of teacher’s specific information like her consideration and opinion while applying certain technique. The data was analyzed and presented briefly.


Based on the result of the analysis, the researcher found four techniques which were used by the teacher to correct student’s error pronunciation. These techniques were used by integrating pronunciation teaching into the teaching of reading skill. The teacherapplied a minimal pairs drills technique, a drilling technique, andtwo others, such as explicit correction and self-correction techniques. She also did not apply a phonetic training technique because of the student’s intellectual factor. In fact, the techniques which the teacher applied did not work effectively because the techniques did not help the students to achieve the basic competencies which were related to pronunciation teaching and the techniques only focus on how to produce sounds correctly. Utterances, stress and intonation are the points which must be considered by the teacher to fulfill those basic competencies.


 


Keyword: pronunciation, technique, vocational, tourism


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.