Empowering Students’ Writing of Report Text Throgh Project-Based Learning

ASMI HANIFA

Abstract


Empowering Students’ Writing of Report Text Throgh Project-Based Learning


Asmi Hanifa


English Education, Language and Art Faculty, State University Surabaya


asmi.hanifa@gmail.com


 


 


Abstrak


       Menulis  termasuk dalam  salah satu keterampilan berbahasa yang  penting untuk  dipelajari. Namun, pada kenyatannya, ada banyak permasalahan yang dihadapi oleh siswa untuk menguasai keterampilan menulis yang salah satu penyebabnya adalah dominasi guru didalam kelas. Dengan demikian, kurikulum 2013 (K13) diluncurkan sebagai jawaban atas persoalan tersebut dan sebagai pendukung perubahan siklus pembelajaran dari pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. K13 muncul dengan berbagai macam  model  pembelajaran. Salah satunya ialah Project-Based Learning (pembelajaran berbasis proyek). Model pembelajaran ini menjadi yang palig terkenal diantara lainnya karena ia memberi banyak manfaat yang baik, terutama untuk para siswa. Selain itu, teks report  dipilih karena ia adalah teks yang paling mudah dan paling teepat sebagai awal pembentukan kebiasaan menulis.


       Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kemajuan siswa dalam keterampilan menulisnya juga tanggapan mereka terhadap penerapan model pembelajaran Project-Based Learning yang diadakan di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya. Penelitian ini didesain secara kuantitatif untuk menunjukkan secara tepat  seberapa besar kemajuan keterampilan yang dimiliki oleh siswa serta menunjukkan jumlah siswa yang memberikan tanggapan positif terhadap penerapan PjBL dengan produk mading untuk menguasai keterampilan menulis teks report. Pre- dan post-test serta kuisioner adalah instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data. Kemudian perangkat lunak SPSS digunakan sebagai teknik untu menganalisa data.


       Berdasakan dari hasil dan diskusi penelitian, disimpulkan bahwa project-based learning membuat siswa memiliki keterampilan menulis yang lebih baik terutama dalam hal susunan paragraph serta tata bahasamya. PjBL juga mendapatkan tanggapan positif dari siswa yang dibuktikan dari pendapat mereka pada kuisioner menunjukkan bahwa sebagian besar dari siswa lebih suka dan lebih termotivas ketika melakukan pembelajaran berbasis proyek dibandingkan belajar dengan cara konvensional.    


 Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Majalah Dinding, Keterampilan Menulis, Teks Report, Majalah Dinding


 


 


Abstract


Writing belongs to one of the English skills that need to be learnt. In fact, there are many problems in mastering writing. One of them is the issue of teachers’ domination. Thus, K13 is launched in response to the learning cycle changes from teacher-centered to student-centered. K13 offers some learning models; one of them is called Project Based Learning. This learning model becomes the most popular one among the others because it offers many advantages especially for the students. In addition, report text was chosen as the material since it is the easiest among the other texts and good to build a writing habit.


This research aims to investigate the improvements of the students’ writing ability and the students’ responses towards the application of Project-Based Learning at one of senior high school in Surabaya. This research is designed quantitatively to exactly address the detail improvement and the number of students who gave positive responses project based learning with wall magazine as the product. An essay Pre- and post-test also a questionnaire were used to gain the data. Then, they were analyzed using SPSS program.


Based on the result and discussion, it can be concluded that Project-Based learning empowers the students’ writing ability especially students organization and grammar. It also obtained positive responses which are verified by the statement of students that they prefer Project-Based Learning than traditional teaching and feel motivated when learning writing of report text through project-based learning.


Keywords: Project Based Learning, Writing, Report text


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.