INFORMATION GAP FOR TEACHING AND LEARNING ACTIVITY IN AL FALAH JUNIOR HIGH SCHOOL

DEVITA AYUNING TYAS

Abstract


INFORMATION GAP FOR TEACHING AND LEARNING ACTIVITY


IN AL FALAH JUNIOR HIGH SCHOOL


DevitaAyuningtyas


English Department Faculty, Faculty of Language and Arts, State University


ayunplekenut@gmail.com


 


Abstrak


Berbicara adalah proses interaksi dalam menciptakan makna yang mencakup menghasilkan, menerima, dan memproses informasi (Brown, 1994; Burns & Joyce, 1997). Untuk membuat siswa mampu dalam berbicara menggunakan bahasa inggris dengan aktif, guru harus mengerticommuicative language features yang perlu diimplementasikan dalam pengajaran speaking. commuicative language features terdiri dari tiga bagian yakni kesenjangan informasi, pemilihan bahasa, dan masukan/ umpan balik. Namun, penelitian ini akan difokuskan pada pembahasan tipe-tipe kesenjangan informasi dalam pembelajaran bahasa inggris. Oleh karena itu, poin penelitian ini tidak untuk mengatasi kesulitan siswa dalam proses pembelajaran, tetapi untuk mengetahui tipe kesenjangan informasi apa yang digunakan di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan catatan lapangan (field notes)sebagai alat untuk mengumpulkan data. peneliti menggunakan penelitian kualitatif dalam penelitian ini. Subjek penelitian dalam studi ini adalah guru Bahasa Inggris di SMP Al Falah Delasari Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa inggris menggunakan tipe-tipe kesenjangan informasi di dalam kelas. Menurut tipe-tipe kesenjangan informasi, guru menggunakan tiga dari empat tipe-tipe kesenjangan informasi. Yakni opinion gap, knowledge gap, and experience gap. tipe-tipe kesenjangan informasi tersebut ditemukan karena tergantung aktifitas siswa dan materi dalam proses belajar mengajar.


Kata kunci: Kesenjangan informasi, Tipe-tipe kesenjangan informasi, Berbicara


 


Abstract


  Speaking is an interactive process of constructing meaning that involves producing, receiving and processing information (Brown, 1994; Burns & Joyce, 1997). In order to make the students are able to speak English actively, the teachers should understand the communicative language features that need to be implemented while teaching speaking. The communicative language features consist of three features that are information gap, language choice, and feedback. However, this study will be focused on the discussion of information gap’s types in learning English.Therefore, the point of this study is not to overcome students’ difficult in the learning process, but rather to know what types of information gap used in class. This study used field notes as instrument to collect the data. The researcher used qualitative research in this study. The participant of this study was the teacher in SMP Al FalahDeltasari Surabaya. The result of the study showed that the teacher used types of information gap in the class. Based on types of information gap, the teacher used three from four types of information gap. Those are opinion gap, knowledge gap, and experience gap. Those types were found because depends on the student’s activity and the material in the teaching learning process.


Keywords:Information gap, Types of information gap, Speaking


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.