The Implementation of Mind Mapping Technique to Teach Descriptive Text Writing at SMAN 15 Surabaya

INEZ EDHINA ALMIRAWATI

Abstract


Abstrak


Pelajaran Bahasa Inggris yang diajarkan di sekolah tidak hanya menonjolkan pengetahuan saja namun kemampuan berbahasa lainnya juga.  Salah satu kemampuan berbahasa dalam pengajaran bahasa inggris yang harus dikuasai oleh siswa adalah menulis. Menurut Harmer (2007), siswa mengalami kesulitan mengekspresikan ide dalam menulis. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, peneliti menganjurkan penerapan teknik mind mapping di pengajaran menulis. Berdasarkan Buzan (2005), mind mapping dapat menjadi sebuah alternatif yang membantu siswa dalam mengorganisir ide mereka di kegiatan pra menulis. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari studi ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan teknik mind mapping untuk mengajar menulis teks deskriptif dan untuk mendeskripsikan hasil tulisan teks deskripsi siswa sebagai hasil dari penerapan teknik mind mapping. Ada dua pertanyaan ilmiah yang dapat dijawab dengan menggunakan daftar periksa observasi, salinan percakapan, dan tulisan siswa. Studi ini diadakan di SMAN 15 Surabaya. Subyek penelitian adalah guru dan murid-murid kelas 10 dari kelas MIPA 5. Berdasarkan hasil penelitian, ada dua kesimpulan yang dapat diambil. Yang pertama, penerapan teknik mind mapping kurang efektif karena dilakukan sekali dalm tiga kali pertemuan.. Yang kedua, hasil tulisan siswa tidak memuaskan. Meskipun murid-murid mempunyai banyak ide pada tulisan mereka, namun, mereka kurang mampu mengembangkan ide tersebut menjadi tulisan yang koheren dan logis.  Pelajaran Bahasa Inggris yang diajarkan di sekolah tidak hanya menonjolkan pengetahuan saja namun kemampuan berbahasa lainnya juga.  Salah satu kemampuan berbahasa dalam pengajaran bahasa inggris yang harus dikuasai oleh siswa adalah menulis. Menurut Harmer (2007), siswa mengalami kesulitan mengekspresikan ide dalam menulis. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, peneliti menganjurkan penerapan teknik mind mapping di pengajaran menulis. Berdasarkan Buzan (2005), mind mapping dapat menjadi sebuah alternatif yang membantu siswa dalam mengorganisir ide mereka di kegiatan pra menulis. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari studi ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan teknik mind mapping untuk mengajar menulis teks deskriptif dan untuk mendeskripsikan hasil tulisan teks deskripsi siswa sebagai hasil dari penerapan teknik mind mapping. Ada dua pertanyaan ilmiah yang dapat dijawab dengan menggunakan daftar periksa observasi, salinan percakapan, dan tulisan siswa. Studi ini diadakan di SMAN 15 Surabaya. Subyek penelitian adalah guru dan murid-murid kelas 10 dari kelas MIPA 5. Berdasarkan hasil penelitian, ada dua kesimpulan yang dapat diambil. Yang pertama, penerapan teknik mind mapping kurang efektif karena dilakukan sekali dalm tiga kali pertemuan.. Yang kedua, hasil tulisan siswa tidak memuaskan. Meskipun murid-murid mempunyai banyak ide pada tulisan mereka, namun, mereka kurang mampu mengembangkan ide tersebut menjadi tulisan yang koheren dan logis.


Kata kunci : menulis, teks deskriptif dan mind mapping


 


Abstract


English subject which is learned at school highlights not only knowledge but also the skills. One of the skills in the English teaching that has to be mastered by students is writing. According to Harmer (2007), students have difficulties in expressing their ideas in writing. In solving the issue, the researcher proposed the implementation of mind mapping technique in teaching writing. Based on Buzan (2005), mind mapping can be an alternative way to help students in organizing their ideas as a pre-writing activity.  The researcher used descriptive qualitative research. The purposes of the study are to describe the implementation of mind mapping to teach descriptive text writing and to describe the students’ descriptive text writing as the result of implementing mind mapping. There are two research questions which can be answered by using observation checklist, transcript, and students’ writing. The study was conducted at SMAN 15 Surabaya. The subjects of the study are teacher and tenth graders of MIPA 5 class. Based on the result, there are two conclusions. Firstly, the implementation of mind mapping technique is rather ineffective since it was held once in three meetings. Secondly, the students’ writing result is not satisfactory. Though students have a lot of idea in the composition, however, the students are lacked in developing their idea to be a coherence and logical writing.


Keywords : writing, descriptive text, mind mapping


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.