An Analysis of Writing Material in English Textbook “When English Rings The Bell” for Eighth Grade

Maimuna Lisa

Abstract


Abstrak
Buku teks merupakan referensi penting yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses
pembelajaran. Hal ini didukung oleh Hutchinson dan Torres (1994: 315) yang menyatakan bahwa buku teks
telah menjadi elemen universal ELT, yang tanpanya proses pembelajarannya tidak lengkap. Menimbang situasi
seperti itu, evaluasi terhadap bahan yang ada diperlukan untuk mengungkapkan kelemahan buku teks dan
meningkatkan kekuatannya Cunningsworth (1995). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyajian materi
tulis dalam buku teks. Analisis difokuskan dua aspek utama dari materi penulisan: presentasi materi, dan elemen
linguistik. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis isi. Daftar periksa untuk
evaluasi dikembangkan berdasarkan kriteria yang diajukan oleh BNSP dan Cunningsworth (1995). Temuan
menunjukkan bahwa dalam hal penyajian materi tulis, semua tugas penulisan berupa tulisan terbimbing, dimana
siswa diminta untuk menulis tanggapan, dalam batasan panjang, sesuai petunjuk yang diberikan. Dalam hal
elemen linguistik, mereka diperlakukan secara terpadu dalam buku teks. Studi ini menunjukkan bahwa tugas
menulis di buku teks telah tercakup secara proporsional. Temuan menunjukkan bahwa referensi independen
untuk kosa kata dan item tata bahasa diperlukan untuk belajar mandiri. Topik nya harus lebih beragam dan juga
memberikesempatan kepada siswa untuk mendapatkan kesempatan lebih luas untuk mendapatkan konteks yang
berbeda.
Kata kunci: Analisis buku teks, bahan tulis, sekolah menengah pertama

Abstract
Textbook is an important reference employed by teachers and students in the learning process. It is supported by
Hutchinson and Torres (1994: 315) stating that textbook has become a universal element of ELT, without which the
learning process seems incomplete. Considering such situations, an evaluation of existing materials is necessary to
reveal the weaknesses of the textbook and improve its strength Cunningsworth (1995). This study aims to analyse the
presentation of writing material in textbook. The analysis is focused two key aspects of the writing material: material
presentation, and linguistic elements. This study is descriptive qualitative employing a content analysis. A checklist for
evaluation was developed based on criteria proposed by BNSP and Cunningsworth (1995). The findings showed that in
terms of writing material presentation, all of the writing tasks are in the form of guided writing, in which students are
asked to write responses, in restricted length, to the given prompts. In terms of linguistic elements, they are treated in
integrated manner in the textbook. This study indicates that writing tasks in the textbook have been proportionally
covered. The findings suggest that independent references for vocabulary and grammar items are necessary for selfstudy.
The topics should be more various as well to provide students with wider chances to get exposed to different
contexts.
Keywords: Textbook analysis, writing material, junior high school


Refbacks

  • There are currently no refbacks.