An Analysis of Writing Material in English Textbook “When English Rings the Bell” For Eighth Grade

MAIMUNA LISA

Abstract


Abstrak

Buku teks merupakan referensi penting yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini didukung oleh Hutchinson dan Torres (1994: 315) yang menyatakan bahwa buku teks telah menjadi elemen universal ELT, yang tanpanya proses pembelajarannya tidak lengkap. Menimbang situasi seperti itu, evaluasi terhadap bahan yang ada diperlukan untuk mengungkapkan kelemahan buku teks dan meningkatkan kekuatannya Cunningsworth (1995). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyajian materi tulis dalam buku teks. Analisis difokuskan dua aspek utama dari materi penulisan: presentasi materi, dan elemen linguistik. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis isi. Daftar periksa untuk evaluasi dikembangkan berdasarkan kriteria yang diajukan oleh BNSP dan Cunningsworth (1995). Temuan menunjukkan bahwa dalam hal penyajian materi tulis, semua tugas penulisan berupa tulisan terbimbing, dimana siswa diminta untuk menulis tanggapan, dalam batasan panjang, sesuai petunjuk yang diberikan. Dalam hal elemen linguistik, mereka diperlakukan secara terpadu dalam buku teks. Studi ini menunjukkan bahwa tugas menulis di buku teks telah tercakup secara proporsional. Temuan menunjukkan bahwa referensi independen untuk kosa kata dan item tata bahasa diperlukan untuk belajar mandiri. Topik nya harus lebih beragam dan juga memberikesempatan kepada siswa untuk mendapatkan kesempatan lebih luas untuk mendapatkan konteks yang berbeda.

Kata kunci: Analisis buku teks, bahan tulis, sekolah menengah pertama

Abstract

Textbook is an important reference employed by teachers and students in the learning process. It is supported by Hutchinson and Torres (1994: 315) stating that textbook has become a universal element of ELT, without which the learning process seems incomplete. Considering such situations, an evaluation of existing materials is necessary to reveal the weaknesses of the textbook and improve its strength Cunningsworth (1995). This study aims to analyse the presentation of writing material in textbook. The analysis is focused two key aspects of the writing material: material presentation, and linguistic elements. This study is descriptive qualitative employing a content analysis. A checklist for evaluation was developed based on criteria proposed by BNSP and Cunningsworth (1995). The findings showed that in terms of writing material presentation, all of the writing tasks are in the form of guided writing, in which students are asked to write responses, in restricted length, to the given prompts. In terms of linguistic elements, they are treated in integrated manner in the textbook. This study indicates that writing tasks in the textbook have been proportionally covered. The findings suggest that independent references for vocabulary and grammar items are necessary for self-study. The topics should be more various as well to provide students with wider chances to get exposed to different contexts.

Keywords: Textbook analysis, writing material, junior high school



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.