Problem-Based Learning in Teaching Writing Hortatory Exposition Text to Eleventh Graders

ANDRIAN MOCHAMAD PRATAMA

Abstract


AbstrakMenulis adalah keahlian utama untuk sukses mempelajari bahasa asing. tapi pada kenyataanya, banyak pelajar menemukan kesulitan dalam proses menulis. Berdasarkan kurilukum 2013, yang menekankan pembelajaran kolaboratif dimana siswa dapat berpikir kreatif dan mengembangkan pengetahuan dengan dirinya sendiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian catatan lapangan dan hasil menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana guru mengimplementasikan pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran menulis hortatori eksposisi dan bagaimana hasil kerja siswa terhadap implementasi pembelajaran berbasis masalah dalam pengajaran menulis hortatori eksposisi. Dalam penelitian ini, subjek yang digunakan adalah guru bahasa inggris dan siswa kelas sebelas di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukan model pembelajaran berbasis masalah dapat membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Tapi sayangnya, guru sebagai pembimbing tidak berhasil memunculkan permasalahan dalam hasil kerja siswa. Untuk hasil kerja tidak ada grup yang dikelompokkan ke dalam poor dan very poor. Model pembelajaran berbasis masalah dapat diimplementasikan dalam pengajaran menulis hortatori eksposisi. Model pembelajaran berbasis masalah sebagai model pembelajaran mampu memotivasi siswa bergabung dalam proses pembelajaran di kelas dan mampu mengajak minat siswa untuk menulis.Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, kemampuan Menulis, Teks hortatori exposition AbstractWriting is the primary skill to successfully learn a second language. But on the fact, many students find difficulty in the process of writing. Based on curriculum 2013 that emphasize collaborative learning where the students able to creative thinking and develop their knowledge. This study used descriptive qualitative research method with research instruments field note and student’s writing result. This result is purposed to describe: The implementation of problem-based learning in teaching writing hortatory exposition text and the student writing hortatory exposition text toward the implementation of problem-based learning method. The subject that used are the English teacher and the student eleventh graders in SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. The result of the study shows problem-based learning can makes the student actively involved in the learning activity. But unfortunately, the teacher as guide did not succeed in raising problems in the in-student’s work. In student writing result there were no group calcsilicates in the poor and very poor. Problem-based learning models can be implemented in teaching hortatory exposition writing. Problem-Based Learning as a learning model could motivate the students involved in the learning process and could encourage and engage the students’ to write.Keywords: Problem-Based Learning, writing skill, hortatory exposition text

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.