A Study on Adjudicator’s Oral Feedback in British Parliamentary Debate of EDS UNESA

UMI MAYZUHROH

Abstract


Abstrak Peran umpan balik juri saat debat sangatlah penting. Ada tiga aspek debat yang harus diperhatikan oleh juri saat memberi umpan balik yaitu, isi, gaya, dan metode. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi aspek-aspek debat yang menjadi fokus juri saat memberi umpan balik dan respon pelaku debat terhadap umpan balik tersebut. Penelitian ini adalah kualitatif penelitian. Penelitian ini diadakan di EDS (Klub Debat Bahasa Inggris) Unesa dan subyek utama penelitian ini adalah satu juri debat dan dua pelaku debat sebagai tim yang diunggulkan di klub tersebut. Peneliti menggunakan pengamatan dan wawancara untuk mengumpukan data. Peneliti menemukan bahwa aspek yang menjadi fokus juri debat dalam memberi umpan balik adalah aspek isi terutama alasan. Umpan balik terkait metode diberikan secara terintegrasi dengan aspek isi. Peneliti hampir tidak menemukan umpan balik terkait gaya. Peneliti hanya menemukan umpan balik tentang presentasi vokal yang merupakan satu komponen dari aspek gaya. Di sisi lain, peneliti juga menemukan bahwa respon pelaku debat terhadap umpan balik tersebut berbeda-beda. Namun demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa semua pelaku debat memahami dan merasa nyaman dengan umpan balik yang diberikan oleh juri debat. Peneliti menyarankan supaya penelitian tentang strategi pelaku debat dalam mempelajari feedback bisa diadakan..Kata Kunci : Debat, Respon Pelaku Debat, Umpan Balik Lisan, Juri Debat, Debat Parlemen Gaya British
AbstractThe role of adjudicator’s feedback in debate is decidedly important. There are three aspects of debate that the adjudicator needs to consider in giving feedback, namely matter, manner and method. The purpose of this present study is to investigate what aspect are the focus of adjudicator in providing feedback and debater’s responses to the feedback. This study is qualitative research. It has been conducted in EDS (English Debating Society) of Unesa and the main subjects were one single adjudicator and two debaters as the winning team of EDS Unesa. The researcher used observation and interview to collect the data. The researcher found that the adjudicator mostly concerned on aspect of matter especially reasoning. Surprisingly, the researcher hardly found feedback about manner aspect. The feedback of method was given integrated with matter. The researcher also concluded that responses to the feedback were various. Nevertheless, the researcher found that all debaters understand the feedback given by the adjudicator and consider it very helpful. The researcher suggested that another study about debater’s strategy to learn from the feedback can be conducted.
Keyword: Debate, Debater’s Responses, Oral Feedback, Adjudicator, British Parliamentary Style

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.