Analyzing Language Features of Recount Text Written by Ma Hidayatu Umam Students

AULIZA LUTFIA IRIANA

Abstract


AbstrakMenulis menjadi salah satu keterampilan dasar dalam menguasai bahasa. Untuk pelajar bahasa Inggris, mereka harusmenghasilkan kalimat dalam urutan tertentu dan terhubung bersama dengan cara tertentu. Berdasarkan KompetensiDasar Sekolah Menengah Atas, ada satu teks yang harus dipelajari oleh siswa SMA; itu adalah teks recount. Untukmenulis komposisi yang baik, para siswa harus mematuhi aturan-aturan teks, yaitu struktur generik dan unsur kebahsaanyang dimiliki oleh teks recount. Penelitian ini mengungkapkan hasil tulisan siswa dari teks recount untuk mengetahuikomposisi tulisan mereka dan untuk mengetahui bagaimana mereka menggunakan fitur linguistik teks recount, karenasetiap siswa memiliki caranya sendiri dalam mengekspresikan ide-idenya secara tertulis. Oleh karena itu, objekpenelitian ini berhubungan dengan produk tulisan siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sebagai desainpenelitian. Data yang dikumpulkan berasal dari 8 tulisan teks recount yang ditulis oleh siswa kelas sepuluh dandianalisis menggunakan Harmer dan Heaton et al (1988) tabel analisis yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Temuanmenunjukkan bahwa 5 dari 8 siswa mampu menulis teks dengan gaya mereka sendiri dan mereka dapat membuat tulisanyang baik serta dapat dibaca. Misalnya, dalam struktur generik, mereka mempresentasikan kemampuan yang sama sertaunsur kebahasaan yang beragam. Temuan ini juga menunjukkan bahwa 8 siswa memiliki gaya penulisan mereka sendiri.Meskipun demikian, semua siswa baik dalam menerapkan komposisi teks recount meskipun mereka masih harus belajarlebih banyak karena mereka melakukan beberapa kesalahan pada rentang dan akurasi gramatikal.Kata kunci: menulis, analisis teks, teks recount, unsur kebahasaanAbstractWriting becomes the basic one of skills in mastering language. For English learners, they have to producesentences in a specific order and connected together in particular ways. Based on Basic Competence of SeniorHigh School, there is one text that should be learned by senior high school students; it is recount text. To writea good composition, the students must obey the rules of the text, namely generic structure and languagefeatures that the recount text has. This study reveals the students’ writing product of recount text in order toknow their writing composition and to know how they use linguistic features of recount text, because everystudent has his/her own way in expressing his/her ideas in writing. Therefore, the object of this study come incontact with the students’ writing product. This study used qualitative research as the research design. Thecollected data were from 8 recount text writing of the tenth graders and analyzed using Harmer and Heaton etal (1988) analysis table that had been modified by the researcher. The finding showed that 5 of 8 students wereable to write the text with their own style and their writing product turned out nicely. For example, in genericstructure, they presented similar ability. The finding also showed that 8 students have their own styles inwriting. Nonetheless, all of the students were good in applying the composition of recount text although theystill have to learn more because of they did some errors on grammatical range and accuracy.Keywords: writing, text analysis, recount text, language features.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.