Students’ Reading Ability in Applying Literacy Strategies

ADANI SHABRINA

Abstract


AbstrakTerdapat beberapa kendala yang terjadi dalam proses belajar dan mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah, salah satunya adalah kemampuan membaca siswa yang kurang. Hal tersebut selain berpengaruh terhadap kelancaran proses belajar dan mengajar di kelas juga berpengaruh terhadap pencapaian siswa dalam mata pelajaran tersebut. Oleh karena itu, peneliti memperkenalkan strategi baru yang sedang populer baru – baru ini, yaitu Strategi Literasi. Strategi Literasi adalah strategi yang bertujuan untuk membantu siswa menginterpretasikan teks dengan mudah yang melibatkan kemampuan membaca, berpikir kritis, menulis, serta kemampuan lain dalam bahasa yaitu mendengarkan dan berbicara sehingga siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari – hari. Ada tujuh strategi yang diterapkan yaitu Read-Alouds, Know-Want to know-have Learned (K-W-L Charts), Graphic Organizers, Vocabulary Instruction, Reciprocal Teaching, Structured Notetaking, dan Writing to Learn. Dalam penelitian ini, peneliti mendeskripsikan proses penerapan Strategi Literasi terhadap siswa kelas sepuluh, dan juga mendeskripsikan hasil pekerjaan siswa kelas sepuluh terhadap pemahaman membaca setelah diterapkannya Strategi Literasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan instrumen field note atau catatan lapangan dan hasil pekerjaan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Literasi ini di implementasikan dengan baik dan guru dapat menggali ketertarikan, antusias, dan keaktifan siswa pada saat proses belajar dan mengajar. Sehingga siswa memiliki perhatian yang lebih pada teks dan keinginan untuk membaca teks yang telah diberikan. Penerapan Strategi Literasi juga memberikan dampak positif pada kemampuan membaca siswa seperti yang di ungkapkan oleh guru mata pelajaran tersebut bahwa semua siswa dapat menjawab paling tidak 6 pertanyaan dengan benar atau dengan kata lain, siswa dapat melewati batas minimum skor dalam mata pelajaran tersebut yaitu 60. Selanjutnya, berdasarkan analisis dari peneliti, hasilnya menunjukkan bahwa semua siswa mampu menjawab sebagian besar pertanyaan dengan benar dengan satu atau lebih kesalahan grammatika yang tidak merubah arti dan tidak menimbulkan kesulitan untuk dipahami. Jadi, dapat disimpulkan bawa semua siswa memliki kemampuan membaca yang baik bahkan sangat baik karena jika mereka mampu menjawab pertanyaan, maka mereka memiliki pemahaman pada teks. Kata Kunci: kemampuan membaca, strategi literasi, teks recount
AbstractThere are several obstacles that occur in teaching and learning process of English subjects in schools, one of them is students’ poor reading ability. This condition affects in both teaching and learning and teaching process in the classroom and the students’ achievement in these subjects. Therefore, the researcher introduced new strategy that is popular recently, named Literacy Strategies. Literacy Strategies is a strategy that aims to help students interpret texts easily by involving aspects of reading skill, critical thinking, writing, and another language skill namely listening and speaking so they are able to solve problems in daily life. There are seven strategies applied, namely: Read-Alouds, Know-Want to know-have-Learned (K-W-L Charts), Graphic Organizers, Vocabulary Instruction, Reciprocal Teaching, Structured Notetaking, and Writing to Learn. In this study, the researcher described the implementation of Literacy Strategies to the tenth grade students, and the students’ reading ability after applying Literacy Strategies. This study used qualitative method with field note and students’ task as the instruments. The results of this study showed that Literacy Strategies was well implemented and the teacher could gain students’ interest, enthusiast, and activeness in teaching and learning process. So, the students had more attention to the text and desire to read the text that was given by the teacher. The application of the Literacy Strategies itself gave positive effects to the students’ reading ability as stated by the teacher that all of the students could answer at least 6 questions correctly or in another word, they could pass the minimum score of this subject that was 60. Furthermore, based on the researcher analyses, the result was that all of the students could answer most of the questions correctly with one or more minor grammatical errors which did not change the meaning and did not cause the difficulty in understanding. So, it could be summed up that all of the students had good or event excellent reading ability because if they could answer the questions, it meant that they understand the text.Keywords: reading ability, literacy strategies, recount text

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.