Students’ Speaking Strategies in Expressing Their Idea in Analytical Exposition Text

TRIA RAHAYUNING TYAS

Abstract


Abstrak Tsui (2011) menemukan bahwa salah satu penyebab keengganan yang sering disebutkan di kelas adalah kurangnya kepercayaan diri siswa dan takut melakukan kesalahan dan ditertawakan. Karena alasan tersebut, peneliti ingin mengamati penggunaan strategi berbicara dalam teks eksposisi analitis menggunakan rubrik strategi berbicara. Strategi berbicara yang digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data adalah teori Dornyei (1995) yang terdiri dari sebelas teori strategi berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi berbicara yang digunakan oleh siswa. Peneliti menggambarkan penelitian dalam penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi kelas; dapatkan strategi berbicara siswa yang digunakan oleh siswa saat melakukan pidato mereka, kemudian dalam menganalisis data, peneliti menafsirkannya dengan rubrik strategi berbicara berdasarkan struktur generik teks penjelasan eksposisi. Disimpulkan dari penelitian bahwa menyampaikan pidato membuat mereka gugup. Sementara mereka merasa gugup di panggung, ada banyak strategi berbicara yang digunakan oleh siswa untuk menjaga kinerja mereka dengan baik. Ini membuktikan dari hasil siswa dalam mengatur tesis, mereka kebanyakan menggunakan salah satu strategi berbicara yaitu penggunaan cara non-linguistik. Dalam struktur generik berikutnya, yaitu menyatakan argumen, siswa banyak menggunakan strategi peranti ragu-ragu. Dan yang terakhir, siswa kebanyakan menggunakan strategi penerjemahan harfiah sambil menggambar pengulangan.Kata kunci: Berbicara, Strategi Berbicara, Teks Eksposisi Analitis Abstract Tsui (2011) found out that one of the commonly mentioned causes of reticence in the class is students’ lack of confidence and fear of making mistakes and being laughed at. Due to those reasons, the researcher wants to observe the use of speaking strategy in analytical exposition text using speaking strategy’s rubric. The speaking strategy which is used by the researcher to get the data is the theory of Dornyei (1995) consists of eleven theories of speaking strategies. The objective of the study is to find out the speaking strategies which are used by the students. The researcher describes the study in qualitative research. In collecting the data, the researcher did a classroom observation; get the students’ speaking strategies that are used by the students while performing their speech, then in analyzing the data, the researcher interprets it with the speaking strategy rubric based on the generic structure of analytical exposition text. It is concluded from the research that delivering a speech made them nervous. While they felt nervous in the stage, there were many speaking strategies which are used by students in order to keep their performance well. It proves from the students’ results in organizing thesis, they mostly used one of the speaking strategies that is the use of non – linguistic means. In the next generic structure, that is expressing argument, students mostly used the strategy of hesitation device. And the last, students mostly used the strategy of literal translation while drawing the reiteration.Keywords: Speaking, Speaking Strategy, Analytical Exposition Text

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.