A Case Study of Speaking Abilities Used by 8th Graders in SMPN 13 Surabaya

FITRI NURJANAH

Abstract


Abstrak Berbicara adalah salah satu kemampuan penting yang siswa seharusnya kuasai dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hal tersebut mempunyai tujuan yaitu untuk menyampaikan ide-ide, perasaan, pendapat secara lisan yang dapat menciptakan komunikasi dengan orang lain. Oleh karena itu, guru mempunyai kewajiban untuk mengajarkan kemampuan berbicara kepada siswa di dalam kelas tetapi pada umumnya siswa mempunyai masalah terhadap bahasa asing karena bahasa pertama mereka. Hal tersebut menyebabkan kemampuan bahasa Inggris mereka kurang baik di implementasikan saat pembelajaran bahasa Inggris. Akan tetapi, peneliti telah menemukan sesuatu yang unik pada siswi kelas 8 SMP. Siswi ini mempunyai kemampuan yang bagus dalam berbicara bahasa Inggris seperti native speaker. Pada hal ini, tujuan dari penelitian adalah menemukan macam dan pola dari kemampuan berbicara bahasa Inggris yang siswi gunakan. Peneliti menggunakan desain penelitian qualitatif dengan melakukan observasi, memberikan kuesioner, dan mengaplikasikan wawancara sebagai instrument penelitian. Penelitian di lakukan selama tujuh kali di SMPN 13 Surabaya. Dalam menganalisis data ini, peneliti menggunakan catatan lapangan unuk mengobservasi tingkah laku siswi, kuesioner struktur untuk mengetahui kemampuan pembelajaran berbicara, pertanyaan semi struktur untuk wawancara untuk memahami lebih dalam tentang data mengenai kemampuan berbicara. Hasil menunjukkan bahwa ada tiga kemampuan berbicara yang siswi gunakan yaitu imitative, intensif, dan interaktif. Sebagai polanya, imitative dan interaktif adalah kemampuan yang sering di gunakan siswi setiap waktu. Sedangkan intensif, siswi menggunakan itu pada waktu tertentu seperti kebanyakan saat siswi mengerjakan latihan-latihan. Kemampuan tersebut sangat berharga dan bermanfaat untuk menjadikan perkembangan dasar pada peningkatan keterampilan berbicara.
Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Kemampuan Berbicara, Kemampuan Pembelajaran Bahasa.

AbstractSpeaking is one of necessary skill which students should master in learning English. It has aim for delivering their ideas, feelings, arguments orally which can create communication with others. Therefore, teacher has obligation to teach speaking in the class but regularly students have problem on second language because of their mother tongue. It causes that their speaking skill is less good to be implemented since the process of learning English. However, the researcher has found something unique in female student in 8th grader of junior high school. This student has great skill in speaking English like native speaker. For this case, the purpose of this research is to find out the kinds and patterns of speaking abilities that student uses. The researcher used qualitative research design by doing observation, giving questionnaire and applying interview as the research instrument. The research was conducted during seven times in SMPN 13 Surabaya. In analyzing the data, the researcher used field notes for observing the student’s behavior, structured questionnaire for knowing the learning abilities of speaking, and semi-structured question for the interview to understand more about her data toward speaking abilities. The result showed that there were three of speaking abilities that student used namely imitative, intensive, and interactive. As the patterns, imitative and interactive were mostly common used by student in every time. While intensive, student used it in particular time such as mostly since she did the exercises. The abilities are very value and beneficial for becoming the basic development in enhancing speaking skill.
Key words: Speaking skill, Speaking ability, language learning ability

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.