The Implementation of Metacognitive Strategies in EFL University Students’ Reading Comprehension

RENNY NUR FITRIANI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan strategi metakognitif yang digunakan oleh mahasiswa Bahasa Inggris dalam pemahaman baca mereka. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif untuk mengetahui pemahaman menyeluruh terhadap penerapan strategi metakognitif yang digunakan oleh mahasiswa Bahasa Inggris dalam pemahaman baca mereka. Peneliti menetapkan 8 siswa untuk menjadi subjek dalam penelitian ini. Subjek dipilih berdasarkan skor membaca TEP mereka, yang termasuk sebagai kategori pembaca tingkat lanjut. Peneliti melaksanakan penelitian ini di Universitas Negeri Surabaya karena peneliti hendak mengetahui fenomena di kampusnya sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, para siswa hanya membaca seluruh teks tanpa memikirkan apa yang akan mereka lakukan. Namun, para siswa melakukan sesuatu sebelum membaca, misalnya: menetapkan tujuan, menebak topik dari judul bacaan, dan menghubungkan teks dengan pengetahuan yang mereka miliki sebelumnya. Tetapi, mereka tidak menyadari bahwa kegiatan tersebut tergolong dalam tahap perencanaan karena kegiatan tersebut terjadi sebelum kegiatan membaca dimulai. Selain itu, dalam tahap pemantauan, sebagian besar siswa memiliki kesukaran dalam kosa kata, mencari gagasan pokok dan topik dalam bacaan. Pada tahap ini, siswa menggambarkan bagaimana mereka mengatasi masalah mereka dalam membaca dan juga menunjukkan jenis strategi yang mereka gunakan dalam memantau bacaan mereka. Selain itu dalam tahap penilaian, para siswa menggambarkan bahwa mereka membuat simpulan terhadap teks yang mereka baca. Dengan begitu siswa menilai apakah mereka memahami bacaan tersebut atau tidak. Hal ini menunjukkan bahwa siswa menerapkan apa yang mereka baca dalam situasi lain dan juga mereka meninjau pemahaman mereka dengan membuat simpulan terhadap teks. Para siswa juga menyebutkan bahwa ketika mereka membuat simpulan, mereka hanya menuliskan informasi spesifik.singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian.

Kata Kunci: strategi metakognitif, membaca, pemahaman membaca.

Abstract

The study was conducted to investigate the implementation of metacognitive strategies used by the EFL university students in their reading comprehension. In this research, the researcher used qualitative research to find out complete explanation and extend understanding of the implementation of metacognitive strategies in EFL university students’ reading comprehension. The researcher chose 8 students to be the subject of this research. The subjects were chosen based on their TEP reading score, which includes an advanced readers category. The researcher conducted this study at the State University Surabaya. The results showed that in planning stages, the students just directly read the passages without thinking what would they did it in. However, they did something before reading, for example setting a goal, guessing the topic from its title, and connect the title of the text with their prior knowledge. Unfortunately, they did not realize that those activities belong to planning because it happened before the reading activity began. Furthermore, in monitoring stages, most of the students had a lack of vocabularies, find the main idea and topic. Here, in this stage, the students described how they overcome their problem in reading and showed what kind of strategies they used in monitoring in their reading. Moreover, in evaluating stages the students described that they made a conclusion toward the article, they evaluated their reading whether they understand it or not. It showed that the students applied what they have read into another situation which in this case, was making a conclusion toward the text. they tried to check their understanding of the article by making a conclusion. They also stated that when they were making a conclusion, they would write specific information only.

Keywords: metacognitive strategies, reading, reading comprehension.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.