Teacher’s Knowledge of Higher Order Thinking Skill in Teaching-Learning Process in Senior High School

PRASUTI MADHYARATRI ARSAH

Abstract


Abstrak

Dalam abad 21 ini, siswa tidak hanya dituntut untuk menguasai konsep dalam ilmu tetapi juga kemampuan untuk berpikir dan menerapkan suatu ilmu. Yen & Halili (2015) juga berpendapat bahwa pendidkan pada abad 21 ini menekankan pada higher order thinking skill (HOTS). Namun, pencapaian soal UN berbasis HOTS masih jauh dari kata memuaskan (Retnawati, Kartowagiran, Arlinwibowo, & Sulistyaningsih, 2017). Kemudian, Wardany (2016) dan Usmaedi (2017) menyatakan bahwa HOTS jarang sekali muncul selama proses belajar mengajar. Permasalahan ini menunjukkan hilangnya pemahaman guru dalam HOTS. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari dan menjelaskan persepsi guru dalam HOTS itu sendiri. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah empat guru Bahasa Inggris di SM, yang mendapatkan pelatihan kurikulum 2013 dari pemerintah. Wawancara terstruktur diaplikasikan untuk pengumpulan data. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dan dijelaskan secara spesifik berdasarkan interpretasi peneliti dalam bentuk narasi dan deskriptif. Peneliti menemukan bahwa subyek memiliki pemahaman yang cukup mengenai kemampuan menganalisis, pemahaman yang sedikit dalam kemampuan mengevaluasi dan pemahaman yang baik dalam kemapuan membuat.

Kata Kunci: guru, pengetahuan, HOTS.

Abstract

In this 21st century skill, the students are required mastering not merely the conceptual knowledge but also the skill to think and apply the knowledge. Yen & Halili (2015) also argued that 21st-century skill education is emphasized at Higher Order Thinking Skill (HOTS). However, the achievement of the HOTS test items in the National Exam (UN) is far from satisfactory (Retnawati, Kartowagiran, Arlinwibowo, & Sulistyaningsih, 2017). Then, Wardany (2016) and Usmaedi (2017) revealed that HOTS are less appearing in the teaching and learning process. These problems have shown the lack of teacher’s knowledge in HOTS. Therefore, the purpose of this research was to seek and describe the teacher’s knowledge in higher order thinking skill. This research was designed as qualitative research. The subjects of this research were four English teachers in senior high school, who got training in curriculum 2013 from the government. The semi-structured interview was applied in order to gain the data. Then, the results were analyzed and explained in detail based on the researcher’s interpretation in the form of descriptive and narrative. The findings have shown that the subjects adequately understand in the analyzing skill, the subjects gave an incomplete idea in the evaluating skill and the subjects have a good understanding of creating a skill.

Keywords: teacher, knowledge, HOTS.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.