Students’ Perception on the Use of L1 in the English Language Classroom in SMA Taman Siswa Mojokerto

NOVYA WINDI ANGGRAHINI

Abstract


Abstrak

Bahasa Ingris merupakan bahasa internasional yang menghubungkan semua orang di dunia. Berdasarkan alasan tersebut, Indonesia menetapkan bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang wajib dipelajari. Siswa biasanya melibatkan bahasa pertama mereka, yaitu bahasa Indonesia di kelas EFL karena pebedaan level kemampuan. Namun, sebagian siswa menghindari penggunaan bahasa pertama. Dalam situasi ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap penggunaan bahasa pertama dalam kelas EFL, dan untuk mengetahui apa alasan mereka untuk mendukung bahasa pertama dan apa alasan mereka menghindari bahasa pertama dalam kelas EFL. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama dan metode kualitatif untuk menjawab pertanyaan penelitian kedua dan ketiga; dimana peneliti memperoleh data dari kuesioner dan juga interview yang diberikan kepada siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Taman Siswa Mojokerto. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa alasan siswa mendukung bahasa pertama dikarenakan untuk mengetahui arti kosa kata baru; mengerti tata bahasa; mengerti materi baru; mengerti instruksi; dan untuk merasa nyaman. Sedangkan alasan siswa menghindari penggunaan bahasa pertama dalam kelas EFL adalah; mereka harus meningkatkan kemampuan mereka dengan terus menggunakan bahasa Inggris, dan tidak ingin bergantung pada bahasa pertama. Jadi, masih terdapat beberapa siswa yang mendukung bahasa pertama dalam kelas EFL.

Kata Kunci: Bahasa Pertama dalam kelas EFL, Sikap Siswa, Alasan Siswa.

Abstract

English language is an international language that could connect people around the world. Based on that reason, Indonesia applies English as a foreign language that must be learned. The students usually involve their L1, which is Bahasa Indonesia in the EFL classroom because of the different skill level of the students. However, the rest of the students choose to avoid the use of L1. In this situation, the researcher wants to know how does the student’s attitude toward Bahasa Indonesia in EFL classroom, and to find the students reasons; what are their reasons for supporting L1 and what are their reasons for avoiding L1 in the EFL classroom. This research used a quantitative method to answer the first research question and qualitative method to answer the second and third research question; where the researcher got the data from the questionnaire and interview given to the students. The subject of the research was the students from XI IPA 1 SMA Taman Siswa Mojokerto. The results of the research showed that the student’s reasons for supporting L1 were that they need it to get the meaning of the new vocabularies; understand grammar; understand the new materials; understand the instruction, and to feel secure. Whereas the student’s reasons for avoiding L1 was that they need to improve their skill with the maximum exposure of target language and to make themselves not depend on L1. In conclusion, there are the majority of the students who still supported L1 in the EFL classroom.

Keywords: First Language in The EFL Classroom, Student’s Attitude, Student’s Reasons.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.