Mindmap as the Preparation Outline for Helping College Students in Doing Public Speaking

AGNES LINTANGSASI WICAKSONO

Abstract


Abstrak

Dengan menguasai kemampuan berpidato, mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan personal dan profesional mereka. Mindmap sebagai teknik untuk membuat kerangka berfikir dalam berpidato dipecaya mampu untuk mempermudah mahasiswa dalam berpidato. Studi kualitatif ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan mindmap sebagai kerangka berpikir, kualitas berpidato mahasiswa yang dihasilkan oleh penggunaan mindmap sebagai kerangka berpikir, dan dengan cara apa mindmap sebagai kerangka berpikir membantu mahasiswa dalam berpidato. Data studi ini didapat melalui kegiatan pengamatan dan interview terhadap sembilan belas mahasiswa kelas pidato jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Adi Buana. Hasil studi ini menunjukkan bahwa penggunaan mindmap sebagai kerangka berpikir dimulai dari dosen pengampu yang menjelaskan beberapa teori dalam berpidato dan informasi detail dari mindmap sebagai kerangka berpikir. Kemudian, dilanjutkan dengan mahasiswa yang mulai membuat dan menggunakan kerangka berpikir untuk mempermudah mereka dalam berpidato. Dan yang terakhir, penampilan pidato mahasiswa akan dinilai dan diberi komentar oleh dosen pengampu. Selain itu, kualitas berpidato mahasiswa yang dihasilkan karena penggunaan mindmap sebagai kerangka berpikir adalah sangat bagus, mengingat kebanyakan mahasiswa mendapatkan tingkatan terbaik sebagai hasil asesmen mereka. Sebagai tambahan, mindmap sebagai kerangka berpikir sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengorganisasi pidato mereka.

Kata Kunci: mindmap, kerangka berpikir, berpidato, penampilan berpidato

Abstract

By mastering public speaking, college students can develop their personal and professional skills. Moreover, mindmap as the technique of preparation outline creation is believed to help the students to perform public speaking easier. This qualitative study was to investigate the use of mindmap as the preparation outline, the quality of students’ speech performances resulted by it and the way it helps students in public speaking. Furthermore, the data were obtained through observation and interview toward nineteen students of Public Speaking Class of English Education Department of Adi Buana University. The results show that the implementation of mindmap as the preparation outline started by the lecturer who explained some theories of public speaking and detail information of mindmap as the preparation outline. Then, the students started to create and use the outline to perform public speaking. Finally, student’s speech performances were assessed and commented on by the lecturer. Furthermore, the quality of students’ public speaking performances is very good since most of them could get exceeds expectation grade in presenting the speeches. Additionally, the use of mindmap as the preparation outline is mostly beneficial to help students to organize the speech.

Keywords: mindmap, preparation outline, public speaking, speech performance



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.