PQ4R Strategy In Eleventh Grade Students’ Reading Comprehension Achievement on SMA Darul ‘Ulum 1 Jombang

MUHAMMAD NUR EBES

Abstract


Abstrak

Pemahaman membaca merupakan elemen penting bagi siswa dalam kemampuan berbahasa Inggris. Beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca, salah satunya adalah strategi membaca. Peneliti menggunakan preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) yang membuat siswa lebih mudah untuk memahami teks eksposisi analitis. Demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan membaca kelompok siswa yang diajar menggunakan PQ4R sebagai strategi membaca berbeda secara signifikan. Penelitian ini merupakan penelitian benar-eksperimen menggunakan sampel acak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 11 IPA SMA Darul Ulum 1 Peterongan Jombang. Pretest dan posttest digunakan untuk mengukur signifikan beda dari kelas sampel. . Setelah data dikumpulkan dan dianalisis secara statistik dengan menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PQ4R sebagai strategi menunjukkan ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan membaca pemahaman siswa dalam kelas Eksperimen Nilai rata-rata XI - IPA 8 sebagai kelas eksperimen mendapat 78,64 (SD = 7.210) lebih tinggi daripada XI - IPA 6 sebagai kelas dikendalikan mendapat 73,94 (SD = 9.500). Selanjutnya, hasil nilai p dalam sampel t-test independen menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dengan nilai sig (p value) adalah 0,027 yang lebih rendah dari 0,05. Perhitungan pada eta squared adalah 0,07 yang memiliki makna bahwa pelaksanaan strategi membaca PQ4R memberikan efek moderat untuk peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Kata Kunci: kemampuan memahami bacaan, strategi membaca PQ4R, teks eksposisi analitis.

Abstract

Reading comprehension skill is the most important English skills that students need to be mastered. However, students get difficulty in reading because of several factors. In this study researcher used preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) reading strategy which makes students easier to comprehend analytical exposition text. Hence, the researcher conducts this study in order to know significant different of students’ reading scores by implementing PQ4R reading strategy. The experimental study used pretest-posttest group design which are chosen by randomized sampling is implemented to conduct the study. The subjects are students of 11th grade in Science major of SMA Darul ‘Ulum 1 Peterongan Jombang. There were pretest and posttest which aims to find out the significant difference after implementing the PQ4R Strategy as the treatment of the study to the experimental class. After the data has been gained, the researcher analyzed the data statistically using SPSS 20. The result showed experimental class has the higher mean scores 78,64 (SD = 7,210) than controlled class. XI – IPA 8 73,94 (SD = 9.500). Moreover, the result of Independent sample t-test shows that there is a significant difference between the two groups by the indication of sig value (p value) is 0.027 which is lower than 0.05. The eta squared result is 0.07 which has meaning that the implementation of the treatment gives moderate effect to the improvement of the students’ reading comprehension ability.

Keywords: reading comprehension skill, PQ4R reading strategy, analitical exposition text.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.