An Analysis of Students’ Content and Organization in Writing Descriptive Text

NURUL LARASATI WIJAYATI

Abstract


Abstrak

Ada beberapa poin yang harus dipertimbangkan oleh penulis dalam menyusun teks atau esai. Poin tersebut adalah konten, organisasi, kosa kata, penggunaan bahasa dan mekanika. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis teks tulisan yang dihasilkan oleh mahasiswa semester 3 di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program penulisan deskriptif. Subjek penelitian ini berfokus pada siswa berprestasi tinggi yang dengan syarat mereka memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) >3.50 dan memperoleh nilai A atau A- di kelas program menulis sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan teks penulisan deskriptif siswa dalam hal konten dan organisasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Peneliti menganalisis dan menjelaskan teks penulisan deskriptif mahasiswa dalam hal konten dan organisasi. Selanjutnya, peneliti sebagai instrumen utama menggunakan adaptasi rubrik penulisan dari Brown (2004) untuk megeksplorasi data tulisan mahasiswa. Hasil penulisan deskriptif mahasiswa tergolong baik. Dari hasil temuan, menunjukkan bahwa siswa berprestasi tinggi dapat menyusun teks penulisan deskriptif dalam hal konten dan organisasi dengan baik.

Kata Kunci: Siswa Berprestasi Tinggi, Teks Deskriptif, Konten, Organisasi.

Abstract

There are several points that should be considered by the writer in composing text or essay. They are content, organization, vocabulary, language use, and mechanics. In this study, the researcher analyzed writing text produced by the students of the 3rd semester in the English Education Department. The subject of this study is the students’ descriptive writing program. The subject of the study is focused on the high achievers students which have >3.50 Grade Point Average (GPA) and eliminates them by the writing result in the previous class, Paragraph Writing, it should be A or A- score. The objective of this study is to explain the students’ descriptive writing text in terms of content and organization. This study was designed as a qualitative study. The researcher analyzed and described the students’ descriptive writing text in terms of content and organization. Furthermore, the researcher set as the key instrument to explore the data by using adaptation rubric of descriptive writing from Brown (2004). The result of the students’ descriptive writing was good. The findings showed that the high achievers students could compose the descriptive writing text in terms of content and organization well.

Keywords: High Achievers Students, Descriptive Text, Content, Organization


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.