A STUDY OF TEACHER TALK USED BY ELEVENTH GRADE TEACHER IN TEACHING WRITING HORTATORY EXPOSITION

YUNI TRISNAWATI

Abstract


Menulis dipertimbangkan sebagai sebuah ketrampilan yang sulit untuk dikuasai. Menulis adalah sebuah ketrampilan dasar untuk siswa yang Bahasa Ingrris sebagai bahasa asing disamping ketrampilan  mendengarkan, berbicara dan membaca. Hal ini dikarenakan di dalam menulis terdapat beberapa unsur yang harus dipelajari oleh siswa. Melalui menulis, siswa dapat menemukan ide, siswa akan lebih kreatif dan imajinatif sebaik produktif melalui beberapa proses. Untuk menemukan beberapa ide dalam proses menulis terkadang bukan hal yang mudah. Guru dapat menjadi seorang fasilitator untuk membantu siswa dalam mengembangkan ide awal berdasarkan pada imajinasi dan kreatifitas siswa itu sendiri. Guru akan menjelaskan tentang materi, jadi siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran. Untuk menjadi fasilitator yang baik, guru seharusnya mempunyai teacher talk yang baik.


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan tipe dari teacher talk yang terjadi di dalam mengajar menulis teks hortatory exposition untuk kelas XI di SMAN 1 Grati, (2) untuk mendiskripsikan aspek dari teacher talk yang di gunakan oleh guru selama proses pembelajaran untuk kelas XI di SMAN 1 Grati, (3) untuk menemukan respon siswa terhadap teacher talk untuk menulis teks hortatory exposition.


Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 1 SMAN 1 Grati. Di kelas ini terdapat 36 siswa. Peneliti menggunakan lembar pengamatan dan wawancara sebagai alat penelitian untuk mengumpulkan data.


Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa teacher talk yang terjadi di dalam mengajar menulis teks hortatory exposition adalah langsung dan tidak langsung, tetapi tidak semua kategori tersebut termasuk dalam proses pengajaran. Guru secara dominan menggunakan tipe teacher talk yang secara tidak langsung. Ada empat kategori didalam tipe ini dan selama proses pembelajaran terdapat tiga kategori yang terjadi dalam mengajar menulis teks hortatory exposition. Kategori tersebut adalah pujian dan dorongan, penerimaan dan atau dari ide siswa dan pertanyaan baik dari guru maupun siswa. Ada tiga aspek dari teacher talk yaitu aspek psikologi, aspek antar perseorangan, dan aspek pendidikan. Berdasarkan pada data observasi yang sudah diambil, guru telah menggunakan semua aspek tersebut. Menurut pendapat mereka, teacher talk mudah untuk dipahami, jadi hal itu dapat membantu mereka untuk membuat esai. Hal tersebut juga dapat menarik siswa untuk mengikuti proses pembelajaran.


Kata Kunci: teacher talk, menulis, hortatory exposition


 


Abstract


Writing is considered as a skill which is hard to be mastered. Writing is an essential skill for English learners as foreign language alongside listening, speaking, and reading. It is because in writing there are many elements which have to be acquired by the students. Through writing, students find ideas; students will be more creative and imaginative as well as productive through some processes. To find some ideas in writing process sometimes is not easy thing. Teacher could be a facilitator to give the students can develop those beginning ideas based on the students’ own imagination and creativity. The teacher will be explaining or informing about the materials, thus the students can achieve the goals. To be a good facilitator, the teacher should have good teacher talk.


The purposes of this research are (1) to describe the types of teacher talk occur in teaching writing hortatory exposition text to the eleventh graders in SMAN 1 Grati., (2) to describe the aspect of teacher talk that the teacher consider while the teaching learning process to the eleventh graders SMAN 1 Grati., (3) to find out the students’ responses toward the teacher’s talk to write hortatory text.


The design used in this research was descriptive qualitative. This research was conducted in XIIPA1 classroom of SMAN 1Grati. There are 36 students in this class. The researcher used observation sheets and interview as research instrument in collecting the data.


The result of this research found that thetypes of teacher talk which occur in teaching writing hortatory are direct and indirect, but not all of the categories of them included in the teaching process. The teacher dominantly used types of indirect teacher talk. There are four categories in this type, and during the process there are three categories that occur in teaching writing hortatory text. Those are praise and encouragement, acceptance and/or use of the student’s ideas, and questioning or asking questions. There are three aspects of teacher talk; those are physiological aspect, interpersonal aspect and pedagogical aspect. Based on the observation data that have taken, the teacher considers all of this aspect.In their point of view, the teacher talk is easy to be understand, thus it can help them to make an essay. It also can attrack them in the teaching learning process.


Keywords: teacher talk, writing, hortatory exposition


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.