ANALISIS TEKNIK PERMAINAN GITAR AKUSTIK PADA KOMPOSISI “PERMATA BIRU” KARYA CONCERTO GUITAR

ILHAM BUDI PRASETYO

Abstract


Gitar merupakan alat musik petik yang sudah ada sejak jaman Klasik. Gitar yang dikenal di era moderen pun beragam, mulai dari gitar akustik, gitar klasik, gitar folk, gitar elektrik, gitar flamenco, gitar akustik-elektrik, gitar sunyi atau silent guitar, dan gitar bass. Selain macamnya yang beragam, bentuk gitar yang ada pada saat ini juga bervariatif. Salah satu jenis gitar yang dikenal di lingkungan masyarakat Indonesia adalah gitar akustik. Terbukti dengan banyak diadakannya kompetisi gitar akustik di tingkat nasional, bahkan internasional. Salah satu cara seseorang dalam menuangkan ide adalah dengan membuat komposisi musik. Concerto Guitar adalah salah satu kelompok musik dengan format ensambel campuran yang menciptkan komposisi “Permata Biru”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini tidak berkenaan dengan angka-angka, tetapi mendeskripsikan, menguraikan dan menggambarkan tentang teknik permainan gitar akustik pada komposisi “Permata Biru” karya Concerto Guitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik permainan gitar akustik yang digunakan dalam komposisi “Permata Biru” karya Concerto Guitar berdasarkan pengamatan, wawancara mendalam, dan pemanfaatan dokumen, bukan untuk mengetahui hubungan antar variabel.
Hasil dari penelitian ini adalah teknik permainan gitar akustik pada komposisi “Permata Biru” karya Concerto Guitar mengacu pada teknik permainan gitar klasik yaitu right hand dan left hand. Teknik pada right hand menggunakan  apoyando dan tyrando, dan pada left hand menggunakan teknik slur, arpeggio, skipping, dan sweeping.

Kata Kunci : Teknik Permainan, Gitar Akustik, Permata Biru, Concerto Guitar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.