WARISAN SILAM SEBUAH KARYA MUSIK DALAM BENTUK 3 BAGIAN KOMPLEK

Imam Bahaudin

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk musik pada karya “Warisan Silam”. Objek penelitian difokuskan pada bentuk musiknya. “Warisan silam” merupakan judul karya musik programatik tentang permainan tradisional yang tergeser oleh game online. Karya musik berisi tentang bentuk musik 3 bagian komplek yang disajikan dengan format 4 gitar (quartet). Karya musik yang disajikan untuk kemudian dilakukan pengkajian bentuk musik. Sesuai dengan fokus kekaryaan maka komposer melakukan pengkajian dengan menerapkan teori ilmu bentuk musik.
Pada penulisan ini membahas lebih lanjut  tentang bentuk musik. Warisan Silam di analisis bentuk dan strukturnya setiap bagiannya, terdiri dari 3 bagian yaitu : Ak, Bk, Ck. Introduction yaitu: berisi 8 motif, 8 frase, dan 4 periode. Bagian A yaitu: berisi 40 motif, 10 frase, 5 periode, dan 4 Tema. Bagian ini berisi sukat 4/4 dan 2/4. Bagian duet dan tutti yaitu: berisi 24 motif, 6 frase, 3 periode dan 1 tema. Bagian B yaitu: berisi 31 motif, 12 frase, 6 periode, dan 4 tema. Bagian ini berisi sukat 4/4 dan 2/4. Bagian C yaitu: berisi 12 motif, 6 frase, 3 periode dan 1 tema. Bagian ini bertanda sukat 4/4. Bagian epilog tangga awal  masih G mayor dan ditengah- tengah terjadi modulasi menjadi A mayor.
Karya musik ini adalah karya musik dengan format gitar kwartet. Karya musik ini menggambarkan kesenangan seorang anak yang sedang bermain permainan tradisional. Karya ini disajikan dalam bentuk musik instrumental. Karya musik yang berdurasi 9.40 menit dengan jumlah birama 202 ini terdiri dari 3 bagian besar yakni A komplek, B komplek, dan C komplek. Dengan membahas setiap porsi yang diperankan setiap gitar diharapkan pembaca dapat mengerti bagaimana komposer mengaransemen, dan menyusun bagian sehingga terbentuk sebuah karya yang utuh.

Kata kunci : Musik Permainan Tradisional Anak, Bentuk Musik 3 bagian


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.