TINJAUAN HARMONI MUSIK DALAM KARYA MUSIK “Finding”

YONATAN WISNU SETYAWAN

Abstract


Karya berjudul “Finding” dalam bahasa Indonesia yang berarti “menemukan”. Judul ini dimaksudkan untuk menceritakan kisah seorang pemuda yang mempunyai masa lalu kelam, atas apa yang dideritanya ia memutuskan untuk mencari Tuhannya agar mendapatkan kedamaian yang selama itu belum pernah ia rasakan. Karya musik “Finding” merupakan komposisi yang memiliki format orkestra dalam penyusunannya, karya ini memiliki bentuk musik 3 bagian yaitu bagian A,B dan C. Bagian A memiliki kalimat a, a’, a1, a2, a1’, dan a2’. Bagian B memiliki kalimat b, b’, b2, b2’, b3 introdusi, b3, b3’. Bagian C memiliki kalimat c introduksi, c, c1, c1’, c2, c2’. Awal mula tempo yang dimainkan yaitu tempo Moderato yang dimana tempo ini cepat, kemudian berpindah ke tempo yaitu Adagio kemudian pindah ke tempo Grave yang dimana hampir sama dengan Adagio namun sedikit cepat kemudian kembali ke Moderato. Dan yang terakir menggunakan tempo Adagio kembali. Dalam komposisi ini memiliki 160 birama yang dimana berdurasi kurang lebih 08.15 menit. Jika ditinjau dari segi fokus masalah penulisan, karya ini berfokus pada tinjauan harmoni dalam progres akhor.
Karya musik “Finding” menggunakan beberapa hamoni dalam progres akhor di dalamnya yaitu, harmoni tiga suara, harmoni 4 suara, harmoni 5 suara dan harmoni 8 suara dalam progres akhor. Penulis akan menjabarkan masing masing harmoni dalam progres akhor tersebut yang terdapat di setiap bagian bagian karya musik ”Finding”.
Proses penciptaan karya musik ini menggunakan beberapa metode yang sudah dipelajari oleh komposer yaitu harmoni dalam progres akhor. Melalui banyak inspirasi yang diperoleh dari mendengarkan berbagai jenis musik rohani kristen, musik ilustrasi orkestra yang bertemakan kedamaian.

Kata Kunci: Harmoni, progres akhor, Finding


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.