KARYA MUSIK “TIWUL” DALAM TINJAUAN HARMONI MUSIK

ADI WICAKSONO

Abstract


Karya musik “Tiwul” ini bercerita tentang sejarah komunitas alat musik tiup di universitas negri surabaya, yang digarap dalam jenis musik baru dalam idiom musik barat.  dengan gaya klasik barat dan menggunakan metode tinjauan Harmoni Musik. Berangkat dari fenomena munculnya komunitas baru yang mengusung instrument musik tiup sebagai dominasi karya musik ini, muncul ketertarikan dan mendorong komposer untuk mewujudkan sebuah konsep tentang fenomena tersebut ke dalam sebuah karya musik.
Dalam mengerjakan karya musik ini, banyak ilmu harmoni yang dapat digunakan, namun dalam karya musik “Tiwul”, komposer menggunakan beberapa ilmu harmoni, seperti jenis akord triad,  dan extended chord dalam penggarapan harmoni musik karya tersebut.
Karya musik berjudul Tiwul ini merupakan karya musik dengan formasi ensemble campuran. karya musik orisinil ini berdurasi selama 10 menit, dengan jumlah total birama 163. Karya ini diawali dengan solo alto saxophone selama 16 birama mengguknakan sukat 4/4, tempo adagio rubato, dan tanda mula dua mol (Bbmajor/gminor), Karya musik “Tiwul” ini memiliki empat bagian utama dengan pembuka dan penutup, bagian tersebut terdiri dari introduction, bagian 1, 2, 3, dan 4 sekaligus outroduction.
Melalui karya musik “Tiwul” diharapkan mampu menjdai karya musik inspiratif  bagi mahasiswa dan  tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat luas, karena bermusik dapat digunakan sebagai media komunikasi dengan cara yang berbeda sekaligus menyenangkan, selain itu diharapkan dapat menumbuhkan rasa apresiasi tinggi terhadap suatu karya seni khususnya dalam seni musik.

Kata Kunci : tiwul, harmoni music,


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.