SEMEBRUNG WANGINE SRITANJUNG (VISUALISASI CERITA CINTA DEWI SRITANJUNG DAN SIDOPEKSO BANYUWANGI DALAM KARYA TARI)

NUR HALIMATUSYADYAH

Abstract


Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang terletak di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Menurut kepercayaan masyarakat yang bersumber dari cerita daerah Banyuwangi memiliki arti yaitu Banyu “air” dan wangi “Harum”. Cerita tersebut didapat dari sebuah lagenda pengorbanan kisah cinta dari Dewi kna Banyu yang. Karya tari Semebrung Wangine Sritanjung merupakan sebuah karya representatif yang berangkat dari fenomena cerita rakyat Banyuwangi yang memiliki kehidupan kisah cinta Dewi Sritanjung dan Sidopekso. Kisah cinta tersebut merupakan sebuah cerita lagenda yang dipercayai oleh masyarakat Banyuwangi. Karya ini memilih fokus untuk menggambarkan kesetiaan cinta dari Dewi Sritanjung dengan tipe tari dramatari. Karya tari ini digarap sebagai media ungkapan ekspresi, sebagai sosial untuk mengulas cerita lagenda dari mulut ke mulut masyarakat Banyuwangi, memperkaya hasanah atau wawasan budaya.  
Dalam melakukan proses penciptaan karya tari ini koreografer terlebih dahulu melakukan pengkajian terhadap berbagai karya tari yang telah dicipta oleh koreografer terdahulu. Kajian teori dalam karya tari Semebrung Wangine Sritanjung, merujuk pada teori-teori koreografi atau komposisi tari. Metode penciptaan melalui beberapa tahap kegiatan yaitu: pendekatan penciptaan, metode menemukan fokus karya, konsep penciptaan, serta proses penciptaan.
Karya tari ini membawakan cerita cinta kesetiaan Dewi Sritanjung kepada suaminya Sidopekso dalam mode penyajian simbolik dengan tipe karya liris-dramatik. Pemilihan bentuk garap ini dikarenakan bahwa koreografer ingin menyampaikan gagasan isi dalam bentuk simbolik serta menonjolkan penguatan suasana tanpa menggelar cerita yang menjadi kekuatan tersendiri dari koreografer dalam menciptakan sebuah karya tari.
Dimana isi garap tidak digelar secara bercerita namun diwakilkan oleh gedhing serta pengaturan alur dan penggambaran secara simbolik melalui gerakan tari.

Kata Kunci: Semebrung Dewi Sritanjung, karya tari, koreografi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.