KARYA MUSIK “TRANSPOSE” DALAM TINJAUAN VARIASI MELODI DAN TEKNIK PERMAINAN CELLO

ADIMAS PERMADI

Abstract


Seni merupakan salah satu unsur dari kebudayaan yang merupakan hasil olah rasa yang dapat dinikmati oleh panca indra dan akan selalu mengalami perubahan dari masa ke masa. Perubahan ini didasari oleh pandangan manusia yang dinamis dalam konsep, proses dan hasil karya berkesenian. Karya ini dilatar belakangi oleh kisah perjalanan hidup komposer dalam mencapai cita – citanya. Karya musik ini berjudul “ Transpose ’’ yang artinya perpindahan. Dan karya ini difokuskan pada tinjauan variasi melodi dan teknik permainan cello.
Seni adalah kebutuhan manusia,walaupun bukan kebutuhan pokok. Bukan saja dalam bentuk hal-hal yang indah,tetapi susah rasanya kita membayangkan bagaimana kalau di dunia ini tidak ada seni (Soedarso,2006:4). Pertumbuhan seni sebagai bentuk aktivitas manusia dalam berolah  rasa melalui kurun waktu yang panjang. Mulai dari bentuk yang sederhana hingga mencapai bentuk yang kompleks. Dengan demikian maka seni akan senantiasa mengalami perubahan sesuai dengan perubahan zaman dan kondisi budaya daerah sekitarnya.
Dalam proses penciptaan, Composer menggunakan metode – metode untuk pembuatan karya musik. Rangsang Visual, Komposer peroleh dari melihat video dari youtube,salah satu situs kumpulan-kumpulan video. Video salah satu  karya Addie MS yang menjadikan inspirasi bagi composer. Ransang auditif, composer mulai membuat suatu kerangka bentuk dengan mengawali membuat melodi pokok dan menyusun frase-frase sehingga membentuk motif. Komposer juga menggunakan beberapa media alat musik orkestra untuk mencari melodi inti.
Pada karya musik ini membahas tentang variasi melodi seperti, Ornament Appogiatura dan Trill, Rythmic Variation and Fake, Melodic Variation and Fake, Composite Melodic Variation and Fake, Counter Melodi, Dead Spot Filler, juga menggunakan teknik – teknik dasar pada setiap instrument, seperti teknik legato, tremolo, vibrato dan lain sebagainya. Karya ini dikemas dengan format Chamber Orchestra, Terdiri dari 3 bagian kompleks, dimainkan dalam instrument violin, viola, cello, contrabass, flute, clarinet, trumpet, trombone, tenor sax, triangle, snare, bassdrum, cymbal. Karya ini memiliki total 181 birama dengan durasi 7 menit 35 detik. Karya musik “ Transpose ’’, dimainkan dengan beberapa tempo yaitu Adagio, andante, moderato dan vivace. Didalamnya menggunakan 2 modulasi dalam tangga nada natural, 1 mol dan 1#. Menggunakan sukat 4/4. Komposer memfokuskan untuk meninjau Variasi melodi pada karya tersebut.

Kata kunci : melodi, perpindahan, Karya musik “ Transpose ”.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.