KARYA MUSIK ”TEGEH”  DALAM TINJAUAN VARIASI MELODI

REDI SUHARTONO

Abstract


Penulis terinspirasi akan hal yang pernah dilalui dalam perjalanan cintanya. Ketika penulis merasakan putus cinta dan rasa sakit hati serta Ide awal mula penulis membuat karya musik ini  salah satunya kekecewaan. Tegeh berasal dari bahasa Madura,  kata tegeh mempunyai makna arti yang sangat sedih sekali dan popularitas bahasa Madura tegeh ini sangat sering diucapkan dan sering kali didengar di kalangan daerah Madura. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia arti kata tegeh ialah tega. Dasar-dasar teori yang digunakan komposer sebagai acuan fokus penciptaan di dalamnya yaitu ada bentuk musik, melodi, harmoni, ritme, dinamika, hasil penciptaan yang relevan dan kerangka berpikir. Metode yang digunakan karya musik ini adalah menggunakan metode analisis bentuk musik. Karya musik ini merupakan karya musik programatik.
Variasi melodi yang digunakan ada beberapa macam, yaitu Melodic variation and fake, Counter melody, Cliché, dead spot filler, Filler like Obbligato dan Rhythmic variation and fake. Karya musik ini menggunakan sukat 4/4 dan menggunakan tangga nada B minor dan E minor serta menggunakan variasi tempo yaitu pada birama pertama sampai dengan birama 41 menggunakan tempo Adagio, birama 42 menggunakan tempo Maestoso, birama 75 menggunakan tempo Allegretto, birama 90 kembali tempo Adagio dan pada birama 95 menggunakan tempo Grave.
Karya ini menggunakan format orkestra terdiri dari instrumen woodwind, brass, gesek dan perkusi. Karya ini memiliki total 108 birama dengan durasi 7 menit 32 detik.karya musik ini terdiri dari 3 bagian yaitu bagian 1, 2 dan 3. Pada bagian A terdapat beberapa jenis variasi melodi di dalamnya yaitu melodic variation and fake, rhythmic variation and fake, dead spot filler dan counter melodi. Pada bagian B terdapat jenis variasi melodi yaitu filler like obbligato, cliche counter melodi, dead spot filler, dan melodic variation and fake.Pada bagian C terdapat beberapa jenis variasi melodi didalamnya yaitu counter melodi, dead spot filler, filler like obbligato dan melodic variation and fake.

Kata Kunci: Tegeh, Variasi Melodi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.