PENGARUH KONVERSI LAHAN TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI KECAMATAN TAMAN KOTA MADIUN

Cahya Gumilang

Abstract


Konversi lahan menjadi masalah ketika lahan yang dialih fungsikan adalah lahan pertanian produktif sehingga akan berdampak pada petani yang kehilangan mata pencahariannyadan menurunnya produktivitas pangan, utamanya di daerah perkotaan yang sedang berkembang. Kota Madiun merupakan salah satu kota berkembang yang berada di Jawa Timur yang terdiri atas 3 wilayah kecamatan. Telah terjadi konversi lahan dari tahun 2010-2015 seluas 21 Ha di Kecamatan Manguharjo, 26 Ha di Kecamatan Taman, dan 10 Ha di Kecamatan Kartoharjo. Alih fungsi lahan yang terjadi, terutama pada lahan sawah produktif yang banyak menyerap tenaga kerja akan menyebabkan terjadinya penurunan kesempatan kerja, dan menyebabkan penurunan pendapatan para petani. Menurunnya pendapatan petani akan menurunkan daya beli dan berdampak pada menurunnya tingkat kesejahteraan petani, atau berkurangnya pendapatan petani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konversi lahan terhadap pendapatan petani dan yang mendorong petani melakukan konversi lahan di Kecamatan Taman Kota Madiun.


Penelitian ini menggunakan metode survey dengan rancangan case control, yaitu pengambilan responden dengan subjek kasus sebanyak 24 penduduk yang melakukan konversi lahan, dan subjek kontrol sebanyak 24 penduduk yang tidak melakukan konversi lahan. Responden ditentukan menggunakan matching umur dengan usia lebih dari 60 tahun di Kecamatan Taman Kota Madiun.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh konversi lahan terhadap pendapatan petani berupa adanya peningkatan penghasilan responden sebesar 20% karena adanya perubahan mata pencaharian yang disebabkan oleh konversi lahan. Faktor-faktor yang mendorong petani melakukan konversi lahan yaitu faktor sosial dan faktor ekonomi. Faktor sosial meliputi aspek-aspek karakteristik petani yang berhubungan dengan konversi lahan adalah tingkat pendidikan. Faktor Ekonomi meliputi jumlah tanggungan keluarga, luas kepemilikan lahan, dan harga jual lahan petani. Hasil analisis dari 4 faktor yang mendorong petani melakukan konversi lahan semuanya mempunyai pengaruh yang signifikan yaitu: tingkat pendidikan, jumlah tanggungan, luas lahan, dan harga lahan.


Kata Kunci: Konversi, Lahan Pertanian, Faktor Sosial, Faktor Ekonomi, Pendapatan Petani


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.