ANALISIS KONDISI DAN PENGEMBANGAN OBJEK WISATA WADUK WIDAS KECAMATAN SARADAN KABUPATEN MADIUN

Oktafuri Kumaladilah Harimurti

Abstract


Waduk Widas merupakan objek wisata unggulan Kabupaten Madiun yang memiliki jumlah pengunjung tertinggi dibandingkan objek wisata lainnya di Kabupaten Madiun. Namun, pada 5 tahun terakhir ini objek wisata Waduk Widas mengalami penurunan jumlah pengunjung yaitu pada tahun 2012 hingga tahun 2016 rata-rata penurunan 8.070 pengunjung tiap tahunnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan kondisi objek wisata Waduk Widas pada tahun 2012 dan tahun 2017 yang dilihat dari kondisi daya tarik, sarana prasarana, aksesibilitas, dan promosi serta untuk mengetahui strategi pengembangan obyek wisata Waduk Widas dengan menggunakan analisis SWOT (Strength Weakness Opportunity Threat).


Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei. Lokasi penelitian dilakukan di objek wisata Waduk Widas, Madiun. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Peneliti mengambil sampel 100 orang responden. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik skoring, serta analisis SWOT.


Hasil penelitian menunjukkan kondisi objek wisata Waduk Widas mengalami penurunan dilihat dari hasil survey wawancara dengan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini: Tahun 2012 daya tarik temasuk kategori sangat menarik sedangkan pada tahun 2017 masuk dalam kategori menarik. Sarana prasarana pada tahun 2012 masuk kategori sangat baik dan  pada tahun 2017 masuk kategori baik. Kondisi aksesbilitas masuk kategori baik pada tahun 2012 dan tahun 2017 dengan kategori buruk. Kegiatan promosi tergolong sangat baik pada tahun 2012 maupun 2017. Strategi pengembangan potensi wisata berdasarkan matriks SWOT posisi objek wisata Waduk Widas Kabupaten Madiun berada pada kuadran II. Rekomendasi strategi yang diberikan adalah Diversifikasi Strategi yaitu strategi menambah atau menciptakan produk baru yang tidak terkait dengan produk saat ini. Waduk Widas diperkirakan akan mengalami kesulitan bila hanya bertumpu pada strategi sebelumnya, sehingga perlu adanya strategi baru dengan melakukan pengembangan produk dan pembangunan produk. Strategi pengembangan dan pembangunan produk apabila apabila diterapkan dalam bidang pariwisata Waduk Widas yaitu Waduk Widas disarankan untuk meningkatkan kondisi atraksi dan sarana prasarana yang sudah ada serta membutuhkan penambahan atraksi baru untuk menarik wisatawan untuk berkunjung, dan menambah sarana prasarana untuk menunjang kegiatan wisatawan dalam berwisata.


Kata Kunci: Kondisi, Pengembangan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.