PENGARUH MODAL, BAHAN BAKU, TENAGA KERJA DAN PEMASARAN TERHADAP LAMA USAHA HOME INDUSTRY SEPATU DAN SANDAL DI DESA WEDORO KECAMATAN WARU, KABUPATEN SIDOARJO

Ari Kurniawan

Abstract


Desa Wedoro Kabupaten Sidoarjo merupakan sentra industri yang memproduksi berbagai jenis sepatu dan sandal yang mulai mengalami penurunan tahun 2010. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal, bahan baku, tenaga kerja dan pemasaran terhadap lama usaha home industry sepatu dan sandal.


Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 54 pengrajin dari total populasi sebanyak 115 pengrajin. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dengan kuesioner dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik kuantitatif melalui teknik analisis regresi linier berganda.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  pengrajin yang paling lama menekuni industri ini pada kisaran 6 sampai 10 tahun yaitu sebanyak 19 pengrajin atau 35,20% dari total keseluruhan. Hasil analisis menunjukan dari 4 faktor yaitu: modal, bahan baku, tenaga kerja dan pemasaran memiliki pengaruh terhadap lama usaha.


Kata Kunci : Modal, Bahan Baku, Tenaga Kerja, Pemasaran, Lama Usaha, Home Industry


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.