PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POCKET BOOK PADA MATERI DINAMIKA HIDROSFER KELAS X DI MA MA’ARIF BANGIL

NURUL KHUMAIROH

Abstract


Pendidikan mempunyai peranan dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Media diperlukan untuk mempermudah pembelajaran. Hasil observasi di MA Ma’arif Bangil menunjukkan minat baca siswa dalam pembelajaran geografi sangat kurang, dikarenakan penggunaan bahan ajar  buku paket yang berukuran besar dan tebal, oleh sebab itu peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran pocket book sebagai media pembelajaran alternatif. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan madia pocket book yang layak digunakan pada pembelajaran geografi dan untuk mengetahui efektivitas hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan media pocket book. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D dan menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design. Penelitian ini  menggunakan teknik pengumpulan data berupa interview, kuesioner dan tes. Metode penelitian menggunakan statistik kuantitatif melalui teknik analisis uji validitas butir soal, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji independen sample t-test.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 40 soal yang diujikan terdapat 16 soal yang valid. Soal pretest yang digunakan reliable karena diperoleh nilai r11=0,72653648 berdasarkan tabel interpretasi koefisien masuk dalam kategori tinggi. Hasil nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal karena signifikansi nilai pretest kelas eksperimen  sebesar 0,200>0,05 dan posttest kelas eksperimen sebesar 0,055>0,05 sedangkan signifikansi nilai pretest kelas kontrol sebesar 0,117>0,05 dan signifikansi nilai posttest kelas kontrol sebesar 0,068>0,05. Varians data nilai pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol homogen karena diperoleh signifikansi sebesar 0,657>0,05 sedangkan varians data nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol homogen karena diperoleh signifikansi sebesar 0,458>0,05. Hasil uji t-test diperoleh nilai p  kelas eksperimen sebesar 0,000<0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest kelas eksperimen. Uji t-test diperoleh nilai p kelas kontrol sebesar 0,000<0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada perbedaan  yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest kelas kontrol.Kata Kunci: Pengembangan Media, Pocket Book, Dinamika Hidrosfer.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.