ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARITAS DI KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN

Dyah Salindri Putri P.

Abstract


Prevalensi antara jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) dengan jumlah penduduk sebesar 20% dan rata-rata jumlah jiwa per rumah tangga lebih dari 4, yaitu antara 5-6. Nilai ini lebih tinggi daripada kecamatan lainnya di Kabupaten Lamongan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor tingkat pendidikan Ibu, tingkat pendapatan keluarga, perilaku Ibu tentang KB, dan pengetahuan Ibu tentang KB terhadap paritas di Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan.


Jenis penelitian yang digunakan adalah survey dengan rancangan penelitian Cross Sectional. Sampel penelitian ini adalah wanita yang sudah tidak dalam masa reproduksi (usia 50 tahun ke atas). Pengambilan sampel secara systematic random sampling berjumlah 100 responden yang diambil dari seluruh desa di Kecamatan Turi. Pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh faktor tingkat pendidikan Ibu, tingkat pendapatan keluarga, perilaku Ibu tentang KB, dan pengetahuan Ibu tentang KB terhadap paritas menggunakan uji Chi Square, sedangkan untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap paritas menggunakan uji Regresi Logistik Berganda.


Berdasarkan hasil penelitian dengan uji statistik Chi Square bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan Ibu terhadap paritas (χ2 = 9,490, p = 0,002), tidak ada pengaruh yang signifikan antara pendapatan keluarga terhadap paritas (χ2 = 1,093, p = 0,296), ada pengaruh yang signifikan antara perilaku Ibu tentang KB terhadap paritas (χ2 = 25,643, p = 0,000), dan ada pengaruh yang signifikan antara pengetahuan Ibu tentang KB terhadap paritas (χ2 = 22,264, p = 0,000). Berdasarkan hasil menggunakan Regresi Logistik Berganda secara bersama-sama, variabel yang paling berpengaruh terhadap paritas adalah perilaku Ibu tentang KB (p = 0,003, B = 0,109).


Kata kunci: Paritas, Perilaku Ibu Tentang KB, Pengetahuan Ibu Tentang KB.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.