PENGEMBANGAN KUIS LACAK INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SUB MATERI POTENSI DAN SEBARAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA IPS KELAS VII SMPIT INSAN PERMATA BOJONEGORO

NURUL HILALIYATUL ALIFAH

Abstract


Penelitian ini dilator belakangi oleh permasalahan pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPS sedikit, dikarenakan sekolah ini baru berdiri tahun 2014 khususnya bahan ajar Geografi, maka peneliti mengembangkan Kuis Lacak Indonesia sebagai media pembelajaran pada sub materi Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kelayakan Kuis Lacak Indonesia sebagai media pembelajaran IPS menurut para ahli. 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan Kuis Lacak Indonesia sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, degan menggunakan model pengembanagan ASSURE. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, lembar telaah, lembar validasi, lembar tes (pretest & posttest) dan angket respon siswa. Teknik analisis data meliputi analisis lembar telaah, analisis lembar validasi, analisis hasil penelitian (validitas butir soal, analisis reliabilitas, analisis perbandingan hasil belajar menggunakan Paired Samples T-Test) dan analisis lembar respon siswa.


Data validasi dianalisis menggunakan ketuntasan skala Likert, hasil belajar siswa dianalisis menggunakan Uji Paired Sample T-Test dengan program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil validasi Kuis Lacak Indonesia yang dilakukan oleh para ahli memperoleh nilai sebesar 83% dengan kategori sangat layak. 2) Hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 61,7 dengan persentase ketuntasan 3,13% dan rata-rata prost-test 85,19 dengan persentase ketuntasan 87,5% sehingga terdapat peningkatan nilai 84,37% dari nilai pre-test. Berdasarkan hasil perhitungan Uji Paired Sample T-Test nilai signifikan secara statistik terlihat dari nilai probabilitas 0,000 < 0,05 hal ini menunjukkan terdapat perbedaan  nilai rata-rata sebelum dan sesudah menggunakan media Kuis Lacak Indonesia.


Kata Kunci : Kuis Lacak Indonesia, Media Pembelajaran


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.